Meriah, Jalan Sehat Jadi Acara Pamungkas Peringatan HUT RI di Kelurahan Pangenrejo Purworejo

PURWOREJO, “Jalan Sehat bersama Wakil Bupati” menjadi puncak acara peringatan memeriahkan HUT ke-77 RI yang diadakan Kelurahan Pangenrejo Kecamatan Purworejo. Acara yang dihelat pada Minggu (28/8) itu berlangsung meriah, diikuti ratusan warga Kelurahan Pangenrejo yang memiliki 19 RT delapan RW tersebut.

Dilepas oleh Wakil Bupati Hj. Yuli Hastuti di Lapangan Ciluwek, warga yang sudah berkumpul sejak pagi hari langsung berjalan sambil bersilaturahmi satu sama lain. Adapun rute yang ditempuh yakni mengelilingi wilayah Kelurahan Pangenrejo hingga ke Jalan Brigjen Katamso.

Selain warga, jalan sehat juga diikuti 70-an personel Yonif 412 yang masuk wilayah Kelurahan Pangenrejo. Tamu undangan penting juga turut mendukung acara jalan sehat yang baru diadakan lagi setelah dua tahun pandemi itu.

Wakil ketua DPRD Yophi Prabowo hadir bersama tamu undangan penting lainnya

Selain wakil bupati, panitia Karang Taruna Merpati yang dimotori oleh Yudha juga mengundang Dandim 0708 Lukman Hakim, Wakil Ketua DPRD Yophi Prabowo, Direktur Perumda Air Minum Hermawan Wahyu Utomo, Kadinporapar Stephanus Aan Isa Nugroho, serta pimpinan Ponpes Al Muttaqin KH Harun Muchlas.

Kepada Purworejo News, Kepala Kelurahan Pangenrejo Lepot Agusmanto mengungkapkan, acara jalan sehat kali ini memang istimewa. Itu karena dirangkai dengan berbagai kegiatan sekaligus.

Yakni kegiatan vaksin yang berhasil menjaring 67 orang. “Rinciannya, dosis 1 lima orang, dosis 2 enam orang, dan dosis 3 sebanyak 56 orang,” kata Lurah Lepot, Senin (29/8). Panitia menggandeng Puskesmas Mranti sebagai petugas vaksin.

Cek kesehatan sebelum vaksin di kegiatan jalan sehat

Selain itu, kata Lepot, panitia juga menggelar donor darah yang berhasil mendapatkan 16 kantong dan langsung diserahkan kepada PMI sebagai mitra kegiatan.

Untuk memeriahkan acara selama jalan sehat berlangsung warga juga dihibur Marching Band Ceria (MBC) dari RW 3. Mereka berdandan dan berkostum nyeleneh sehingga menjadi hiburan tersendiri bagi warga Pangenrejo.

“Panitia pun menghadirkan pentas kuda lumping yang berasal dari Kelurahan Pangenrejo yakni Gati Melati. Ini juga menjadi tontonan yang digemari warga sebagai bentuk nguri-uri budaya lokal,” ujar Lurah Pangenrejo.

Marching Band Ceria (MBC) tampil nyeleneh, menghibur peserta jalan sehat

Selain kegiatan dan tontonan tersebut, yang paling ditunggu warga yakni pembagian doorprize. Berbagai hadiah menarik diberikan dari pihak sponsor. Selain dari Perumda Air Minum berupa dua buah sepeda, juga dari Bank Purworejo berupa kulkas, serta uang tunai dari Bank Jateng.

Adapun hadiah utama berupa sepeda listrik berasal dari panitia yakni Karang Taruna Merpati. Disamping itu terdapat juga ratusan hadiah untuk warga yang beruntung.

Lepot menjelaskan, selain jalan sehat, Kelurahan Pangenrejo juga mengadakan kegiatan lain di tingkat kelurahan untuk memeriahkan HUT ke-77 RI tahun ini.

Lurah Pangenrejo Lepot Agusmanto, sukses

“Sebelumnya ada LCC siswa SD, SMP, dan SMA. Lalu Lomba mewarnai untuk siswa PAUD, TK, dan SD, Lomba fotografi menggunakan HP. Juga diadakan lomba pidato bertema wasbang bela negara dari perwakilan masing-masing RW, ” kata Lepot.

Adapun lomba hiburan, yaitu misteri air yang diikuti anak-anak dan ibu- ibu, serta estafet sarung dengan peserta dari grup ronda yang ada di kelurahan Pangenrejo.

Selaku kepala kelurahan Lepot berharap agar semua kegiatan yang dilakukan dapat mempererat silaturahmi antar warga yang sempat vakum karena pandemi. Disamping itu juga sebagai wahana meningkatkan rasa cinta tanah air.

“Karena baru pertama kali diadakan setelah pandemi, diharapkan tahun depan bisa lebih meriah lagi dengan acara yang berbeda,” pungkas Lepot. (Dia)

2 comments

Tinggalkan Komentar