Meriah, 972 Pelaku Olah Raga Ikuti Upacara Haornas di Purworejo

PURWOREJO, Setelah dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19, Pemkab Purworejo melalui Dinporapar menggelar Upacara Hari Olah Raga Nasional (Haornas) pada Jumat (9/9) di depan pendopo Jalan Cokronegoro. Kali ini upacara diikuti 972 peserta yang terdiri atas atlet dari 22 cabor, ofisial, pengurus KONI, dan pengawas kecamatan.

Sain itu, Bupati Purworejo Agus Bastian hadir bersama Sekda Said Romadhon, wakil ketua DPRD Kelik Susilo Ardani, Dandim 0708 Letkol Inf Lukman Hakim, Kadinporapar Stepanus Aan Isa Nugroho, serta Ketua KONI Sumaryanto.

Dalam momen tersebut pemkab memberikan penghargaan untuk atlet berprestasi baik pada event Popda Provinsi maupun Porkab tahun 2022. Kadinporapar Aan kepada Purworejo News menjelaskan, pada event Popda tingkat provinsi, ada 10 atlet yang berhasil meraih medali.

“Rinciannya, empat atlet meraih medali emas yakni Theresia Nadine Hartanto (SD Maria cabor senam), Tyas Syaharani (SMAN 5 cabor tenis meja), Muhammad Dzaky Al Fauzan (SMAN 1 pencak silat), dan tim bola tangan putri,” kata Aan.

Selanjutnya peraih medali perak yakni Divasiestya Kharisma Nanda Asmara (SMKN 1 cabor taekwondo). Adapun lima peraih medali perunggu yakni Michael Leonard Sungkono (SMAN 7 cabor tenis lapangan), Hanifah Qothrunnada (SMAN 1 cabor kempo), Abdiel Muadz Salma (MAN Purworejo cabor kempo), Syahratu Natasya (SMKN 3 cabor tinju), dan tim voli indoor putra.

Bupati membuka selubung agenda Purworejo Race Championship

Sedangkan Kecamatan Loano menjadi juara umum untuk seluruh cabor. Juara 1, 2, dan 3 bola voli putra yakni Kecamatan Pituruh, Ngombol, Kemiri. Untuk voli putri yakni Kecamatan Kemiri, Kaligesing, dan Bener.

Juara 1, 2, dan 3 sepak bola yakni Kecamatan Kutoarjo, Grabag, dan Kemiri. Tenis meja putra Kecamatan Loano, Grabag, dan Loano. Tenis meja putri Kecamatan Loano dan Bener. Bulutangkis putra yakni Kecamatan Purworejo, Bagelen, dan Purwodadi. Bulutangkis putri Kecamatan Kemiri, Loano, dan Butuh.

Selain memberikan penghargaan, Bupati juga membuka selubung Purworejo Race Championship, yakni kejuaraan nasional balap sepeda yang rencananya akan digelar Oktober mendatang.

Beberapa cabor pun beratraksi di hadapan tamu undangan. Diantaranya cabor kempo, pencak silat, karate, dan taekwondo. Salah satunya yakni atlet pencak silat cilik Faiz Saifuloh yang berhasil memukau bupati dan tamu undangan lainnya. Selesai beratraksi Faiz pun digendong oleh orang nomor satu di Purworejo.

Dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga yang dibacakan oleh bupati antara lain disebutkan, kolaborasi dan komitmen yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta, dan stakeholder olahraga untuk bersama-sama mencetak juara di bidang olah raga dalam prosesnya sangatlah panjang.

Atlet cilik pencak silat Faiz Saifuloh ujuk gigi

Diawali melalui pembudayaan olah raga, pembinaan sejak usia dini, kompetisi secara berjenjang dan sistematis serta didukung dengan penerapan sport science.

Lahirnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan dan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) diharapkan mampu memberikan konstribusi pencapaian tujuan pembangunan olahraga dalam dimensi yang lebih luas.

Yakni untuk mewujudkan Indonesia bugar, berkarakter tangguh dan berprestasi dunia. Olah raga pun harus mampu berperan dalam pemberdayaan ekonomi. Oleh sebab itu maka tema peringatan Haornas XXXIX Tahun 2022 ini adalah Bersama Cetak Juara.

Selain kepada organisasi olah raga, Menteri juga memberikan apresiasi kepada wartawan yang turut aktif mempromosikan olahraga dan yang bergabung di SIWO PWI. (Dia)

Tinggalkan Komentar