Menteri PAN-RB Akan Resmikan Mal Pelayanan Publik Purworejo

PURWOREJO, Setelah dilakukan soft opening pada tanggal 25 Februari lalu, Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Purworejo akan diresmikan dalam skala besar oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas. Selain MenPAN-RB, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga rencananya hadir dalam acara yang akan dihelat pada Jumat, 7 Oktober mendatang.

Dalam gathering bersama media yang diadakan pada Selasa (27/9) di Rumah Makan ABK, Kepala Dinas PTMPTSP Agung Wibowo memaparkan, MPP yang memiliki luas bangunan 1.063 m2 tersebut menampung 30 instansi yang berkaitan dengan pelayanan publik. Terdiri atas sembilan instansi vertikal, 11 OPD kabupaten, sembilan BUMN dan BUMD, dan satu OPD Provinsi.

“Mal ini memang tidak bisa buat belanja karena hanya menyediakan pelayanan berkaitan dengan perijinan,” kata Agung setengah berseloroh. Menurutnya, sejak dibuka tanggal 25 Februari lalu, animo masyarakat semakin meningkat.

Kadin PTMPTSP Agung Wibowo saat menyampaikan paparan

“Rata-rata sekitar 350 orang setiap hari. Tapi kalau lagi ramai seperti saat ini bisa mencapai 800 orang,” kata Agung. Dijelaskan, MPP dibutuhkan untuk meringkas berbagai ijin kegiatan sekaligus.

Dari 30 gerai yang ada, MPP melayani sekitar 200-an jenis perijinan dengan jam kerja Senin hingga Jumat. Meski demikian Agung menyebutkan, khusus untuk gerai Pelayanan Imigrasi hanya dibuka pada hari Selasa. Itupun dibatasi 25 pengunjung saja mengingat keterbatasan petugas.

Sampai saat ini, lanjut Agung, sudah 1.200-an UMKM di Purworejo yang mengurus ijin di MPP melalui kegiatan gebyar pelayanan oleh Dinas PTMPTSP di tingkat kecamatan.

Ruangan di dalam MPP yang bersih dan nyaman

Selain tempatnya yang nyaman dan bersih, MPP juga dilengkapi fasilitas wifi, kafe, ruang laktasi bagi ibu yang menyusui berikut cooler untuk menyimpan botol ASI. Untuk difabel pun MPP menyediakan tangga dan toilet khusus.

Bagi yang baru pertama kali datang ke MPP, menurut Agung, tidak usah kuatir karena ada petugas yang mengarahkan tempat yang kita tuju melalui center information. Juga disediakan ruang konsultasi bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih detil.

Agung menegaskan bahwa tidak ada calo di MPP. “Monggo diurus sendiri saja. Semua biaya sesuai ketentuan tanpa ada biaya tambahan. Kami juga berusaha melayani dengan baik, sesuai ikon MPP yakni punakawan sebagai pelayan,” pungkas Agung. (Dia)

Tinggalkan Komentar