Menjelang Ujian Sekolah Kelas IX, SMPN 3 Adakan Doa Bersama

PURWOREJO, Menjelang Ujian Sekolah yang akan diadakan tanggal 19 hingga 24 April mendatang, siswa kelas IX SMPN 3 Purworejo menggelar Doa Bersama hari Sabtu (17/4). Ujian sekolah yang meliputi 11 mata pelajaran itu merupakan tes tahap akhir yang akan dilalui siswa kelas IX setelah sebelumnya mereka mengikuti ujian praktek.

Waka Kurikulum SMPN 3 Purworejo Juniati, M.Pd, Si menjelaskan, sebanyak 224 siswa kelas IX yang mengikuti acara itu terdiri atas 210 siswa beragama Islam, delapan siswa beragama Katolik, dan enam siswa beragama Kristen.

“Untuk menerapkan prokes, 224 siswa itu dbagi dalam tiga sesi. Sesi pertama kelas IX A dan B mulai pukul 07.30 sampai 08.30, sesi kedua kelas IX C dsn D mulai pukul 09.00 sampai 10.00. Adapun sesi ketiga kelas IX E, F, dan G pukul 10.30 sampai 11.30. Sedangkan untuk siswa non Muslim mulai pukul 07.30 sampai 08.30,” ungkap Juniati.

Kepala Sekolah SMPN 3 menyerahkan hadiah kepada salah seorang siswa peraih nilai tertinggi TUC

Terkait pelaksanaannya, lanjut Juniati, siswa yang muslim mengadakan doa bersama di aula, sedangkan yang non muslim di ruang kelas yang sudah ditentukan. Mereka semua dibimbing oleh guru agama masing-masing dan berdoa sesuai dengan keyakinan mereka.

“Selain itu, sebelum mengikuti acara para siswa diwajibkan memakai masker, cuci tangan dan diukur suhu tubuhnya. Kalau suhu tubuhnya di atas 37 derajat celsius tidak kami perbolehkan ikut. Tapi alhamdulillah semua sehat,” imbuh Juniati.

Selain berdoa bersama, para siswa juga mendapatkan tausiyah dari guru agama masing-masing.

Doa bersama siswa non muslim

Kepala SMPN 3 Purworejo Tarmiyah Temu, S.Pd.M.Pd. mengungkapkan, doa bersama rutin diadakan setiap tahun sebagai bekal dan ikhtiar para siswa agar diberi kemudahan dalam menjalankan ujian sekolah. Tarmiyah berharap agar nantinya para siswa dapat menjalankan ujian sekolah dengan lancar.

Dijelaskan Tarmiyah, dalam acara doa bersama itu pihak sekolah juga sekaligus memberikan hadiah untuk 10 siswa. Mereka adalah yang nilainya tertinggi dalam pelaksanaan TUC yang telah diadakan sebelumnya.

Tarmiyah menambahkan, seperti tahun sebelumnya, SMPN 3 yang memiliki tagline Sekolah Para Juara itu menduduki peringkat 2 se-Kabupaten Purworejo. (Dia)

Tinggalkan Komentar