Mengelola Bisnis di Masa Pandemi

Oleh: Annisa Prihardita

DI MASA pandemi ini, banyak bisnis atau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terkena dampak wabah covid-19 ini. Banyak usaha bisnis yang akhirnya mengalami kebangkrutan maupun mengalami kendala lainnya. Tidak sedikit juga pemilik usaha bisnis yang terus mengembangkan ide serta inovasi dalam mengelola bisnisnya agar tetap berjalan.

Pemilik usaha bisnis harus bisa lebih bijaksana serta harus berfikir kreatif tentang bagaimana cara mengelola bisnisnya dan harus bisa mengubah teknik penjualannya. Sebagai pemilik usaha bisnis harus pintar dalam beradaptasi di segala kondisi dan siap menyelesaikan masalah yang terjadi dan yang akan terjadi. 
Harus bisa memperjuangkan usaha bisnis dengan cara kerja yang baru atau sistem kerja yang baru, untuk mencegah dari kebangkrutan.

Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengelola bisnis di masa pandemi saat ini:

Membuat Rencana Kerja Efektif

Mungkin untuk saat ini, adanya pandemi covid19 cara kerja yang efektif adalah menggunakan sistem Work From Home (WFH). Walaupun dengan sistem kerja di rumah ini, sebagai pemilik usaha harus menerapkan peraturan untuk karyawannya dalam bekerja di rumah. 

Pemilik usaha dan karyawan harus selalu bisa berkomunikasi dengan baik mengenai pekerjaan. 
Saat ini banyak aplikasi yang bisa digunakan dalam berkomunikasi jarak jauh dan banyak orang. Manfaatkan itu semua untuk kebutuhan berkomunikasi dengan karyawan, agar usaha bisnis ini bisa terus berjalan dan terpantau. 

Pemilik usaha bisnis harus bisa mengubah cara berbisnis, dengan mulai dari kegiatan produksi, pemasaran, transaksi, rencana sistem kerja dan distributor sampai akhirnya produk tersebut sampai ke tangan konsumen.

Jika usaha bisnis kita belum ada karyawannya, kita bisa lebih mudah mengatur cara kerja kita sebagai pemilik usaha bisnis agar pekerjaan kita lebih efektif tidak terganggu kendala apapun. Tetap menjaga kesehatan lah yang paling utama, karena posisi kita belum ada karyawan sebagai gantinya. Buatlah rencana atau susunan cara kerja yang baik dan efektif untuk diri sendiri.

Fokus Pada Online Marketing

Pandemi Covid-19 sangat berdampak buruk terhadap dunia bisnis dan perekonomian. Pemilik usaha bisnis harus bisa mengeluarkan ide atau inovasi baru dalam hal marketing. Pelaku usaha harus bisa memikirkan strategi marketing yang baik yang cocok untuk masa pandemi sekarang ini. 

Anissa Prihardita, penulis

Untuk saat ini, strategi marketing yang baik adalah melalui online shopping atau belanja online. Pemilik usaha bisnis diusahakan untuk fokus terhadap pemasaran online dan digital marketing sebagai sarana komunikasi dengan konsumennya. Strategi marketing melalui online ini sangatlah efektif dan sangat membantu meningkatkan target bisnis yang diinginkan.

Banyak cara yang bisa dilakukan sebagai pemilik usaha bisnis, menawarkan produk melalui social media dan memasang produk di berbagai ecommerce. Saat ini pun banyak pilihan ecommerce yang dapat membantu menawarkan produk yang dijual, konsumen lebih mudah untuk mengetahui produk kita dan lebih mudah melakukan transaksi jual beli. 

Penawaran melalui social media pun juga bisa mencakup banyak konsumen, melalui social media lah konsumen tau usaha bisnis kita.
Selain fokus pada online marketing, pemilik usaha bisnis juga harus kreatif dalam mengemas produk itu. Pemilik usaha bisnis harus bisa memberikan manfaat terhadap konsumen serta mengemas produk dengan menarik dengan packing yang lucu dan menarik. 

Hal tersebutlah yang bisa dilakukan untuk menarik konsumen membeli produk kita. Fokuslah pada konten yang menarik di social media, dan melakukan pemasangan produk di ecommerce agar konsumen lebih mudah dalam melakukan transaksi jual beli.

Mengatur Keuangan dengan Baik

Mengatur keuangan di masa pandemi saat ini sangatlah penting. Maka dari itu, pemilik usaha bisnis harus mampu mengelola keuangan yang baik. Pemilik usaha harus bijak dalam penggunaan keuangan baik untuk investasi usaha bisnis agar tetap bertahan di masa sulit ini. 

Pembedaan untuk pemasukan serta pengeluaran, selain itu juga harus membedakan dengan baik keuangan untuk bisnis dan pribadi. Pemisahan tersebut bisnis dapat dilakukan dengan baik dengan cara mencatat, memeriksa, dan mengatur pola keuangan untuk usaha bisnis yang baik. 

Lebih baik lagi membuat rekening yang berbeda dengan rekening pribadi, agar mudah menggunakan keuangan tersebut untuk kebutuhan usaha bisnis. Pada intinya pemilik usaha bisnis harus bijak dalam pengelolaan keuangan baik untuk kebutuhan serta pengeluaran usaha bisnis, karena masa pandemi ini tidak bisa di prediksi selesainya. 

Pintarlah dan bijaklah dalam memilah uang dan jangan lupa untuk berinvestasi untuk usaha bisnis, tentukan kapan akan berinvestasi dan lakukan dengan secara rutin. Dengan mengatur keuangan seperti ini lah, pemilik usaha bisnis dapat mendapatkan tujuan yang akan diinginkan.

Itulah hal-hal yang terpenting yang bisa dilakukan untuk mengelola bisnis di masa pandemi ini yang dimana menjadi masa sulit bagi dunia bisnis dan perekonomian. Pelaku usaha bisnis harus bisa terus memperjuangkan bisnisnya dengan hal – hal penting diatas. 

Dengan melakukan adaptasi terhadap masa sekarang ini, usaha bisnis akan terus berjalan meskipun di masa sulit. Semangat dalam memperjuangkan usaha bisnis di masa sulit pandemi ini, demi tercapainya tujuan usaha bisnis.**

Penulis adalah mahasiswa semester 4 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Jurusan Manajemen

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *