Masuk 50 Besar Nasional, Desa Wisata Pandanrejo Dikunjungi Sandiaga Uno

KALIGESING, Desa Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing menjadi salah satu desa yang masuk 50 besar Desa Wisata terbaik di Indonesia. Dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi desa yang memiliki empat destinasi wisata sekaligus itu pada Selasa (12/10).

Dalam kunjungan kali ini Sandiaga disambut oleh Bupati Purworejo Agus Bastian, Wakil Bupati Yuli Hastuti, Sekda Said Romadhon, Ketua DPRD Dion Agasi, Dandim 0708 Letkol Inf Lukman Hakim, serta kepala dinas terkait. 

Kedatangan Sandiaga pertama kali yakni ke Padepokan Giridampyak, lokasi peternakan kambing Kaligesing, disambut dengan tari Kincling Wedhus yang dibawakan oleh enam penari putri.

Warga pun antusias menyambut kehadiran menteri yang murah senyum itu. Mereka berebut untuk dapat berfoto bersama. Mas Menteri pun dengan sabar melayani warga yang ingin berfoto.

Menparekraf Sandiaga Uno disambut hangat warga Desa Pandanrejo

Seperti biasa, kali ini pun Sandiaga memberikan pantun. Di hadapan pejabat dan warga yang menyambutnya, Sandiaga memberikan pantun.

“Jalan-jalan ke Purworejo, ketemu Bapak Bupati. Mari kita ke Pandanrejo, kita bangun dengan sepenuh hati,” ucapnya yang disambut tepuk tangan meriah.

Terkait desa wisata, sebelum meninjau peternakan kambing yang menjadi unggulan di Desa Pandanrejo, Sandiaga menyampaikan, dari sekitar 75 ribu desa, ada 1.850 desa yang mengikuti lomba desa wisata yang diadakan Menparekraf tahun ini. Desa Pandanrejo, lanjutnya, masuk ke dalam 50 desa wisata terbaik tahun ini.

Selama setengah hari Sandiaga melakukan kunjungan ke Desa Pandanrejo. Usai berkunjung ke peternakan kambing etawa, Sandiaga dan rombongan melanjutkan perjalanan ke bukit Gunung Gajah dengan mengendarai jip.

Sandiaga Uno dan Agus Bastian naik jip menuju bukit Gunung Gajah

Di area obwis Gunung Gajah, kedatangan Sandiaga disambut oleh puluhan ibu-ibu yang menjajakan aneka produk kuliner khas desa tersebut.

Mas Menteri berkali-kali mengeluarkan beberapa lembar uang untuk membeli berbagai jajanan yang ditawarkan kepadanya.

Di pendopo yang terdapat di area bukit itu, Sandiaga juga melihat proses pembuatan aneka kerajinan kriya, antara lain kursi kayu. Sebelum menandatangani prasasti, dirinya juga menyempatkan diri ikut bermain kulintang bersama pemain lainnya.

Di puncak bukit Gunung Gajah, Sandiaga melakukan penandatangan prasasti serta menyerahkan plakat dan paket internet gratis setahun untuk desa tersebut.

Sandiaga Uno membeli aneka jajanan yang dijajakan di arena bukit Gunung Gajah

Sandiaga juga mengapresiasi kesenian desa setempat dengan secara simbolis menyerahkan mock up kendang kepada pelaku seni.

Bupati Agus Bastian dalam sambutannya mengapresiasi kehadiran menteri Sandiaga Uno yang memberikan semangat kepada warga Purworejo.

“Saya menagih hutang Mas Menteri yang belum dibayar, yakni mampir ke pendopo kabupaten,” kata Bupati yang direspon dengan gestur tubuh yang mengisyaratkan setuju.

Acara kunjungan Menparekraf diakhiri dengan menyaksikan view wilayah Kaligesing dari ketinggian dengan menaiki gardu pandang yang ada di puncak bukit Gunung Gajah tersebut. (Dia)

 540 kali dilihat,  9 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *