Mahasiswa Undip Laksanakan Pencegahan Covid-19 bersama Siswa SD Negeri Limbangan

BENER, Sejak akhir 2019 dunia digemparkan berita mengenai adanya virus Covid-19. Sehingga pada awal pembelajaran pada tahun 2020 kegiatan apapun dialihkan menggunakan sistem belajar daring atau online. 

Banyak bidang yang merasakan dampak dari peralihan sistem offline menjadi online, terutama dunia pendidikan. Namun pada awal tahun 2021 di berbagai daerah yang berstatus zona hijau sudah mulai aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dengan memenuhi syarat dari pemerintah.

SD Negeri Limbangan yang terletak di RT 01 RW 01 Dusun Krajan, Desa Limbangan, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo sudah melaksanakan pembelajaran secara tatap muka secara bergantian/ bergilir. Sehingga tidak menimbulkan kerumunan dan menerapkan protokol kesehatan.

Mengajari siswa mencuci tangan dengan sabun

Kepala Sekolah SD Negeri Limbangan, Suwarno, S.Pd, mengungkapkan bahwa anak-anak masih melalaikan dalam menggunakan masker. Siti Nur Hidayah, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Undip berkesempatan untuk melaksanakan program sosialisasi pencegahan Covid19. 

Kegiatan sosialisasi diadakan pada tanggal 20-21 Januari 2021. Sosialisasi yang diberikan mengenai pengertian dan cara pencegahan serta mengingatkan pentingnya siswa siswi menggunakan masker, cara mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, pola hidup sehat, dan menjaga jarak atau physical distancing.. 

Setelah sosialisasi diadakan dilanjutkan dengan praktik cara mencuci tangan dengan baik dan benar dengan sabun dan air mengalir. Kegiatan ini diikuti oleh siswa siswi dengan sangat antusias. Selain menyenangkan juga mendapatkan pengetahuan baru mengenai pencegahan Covid19.

Sosialisasi pencegahan covid-19 melalui belajar kelompok

Kegiatan belajar mengajar di SD Negeri Limbangan dilakukan secara bergilir, tentunya siswa mendapatkan jatah libur setiap minggunya. 
Akibatnya, orangtua murid mengeluh, kegiatan pembelajaran dir rumah kurang efektif. Selain orangtua memiliki kegiatan sendiri, tentu kurang dalam mengawasi anak-anak belajar. 

Sesuai berjalannya program ini, Siti Nur Hidayah atau Hida memberikan kesempatan untuk tetap melaksanakan belajar kelompok tetapi dilaksanakan secara bergilir. Tujuannya untuk mengurangi kegiatan berkerumun. 

Dalam melaksanakan program ini, selain kegiatan belajar, Hida juga mengadakan sosialisasi mengenai pencegahan Covid-19 yang dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2021 yang diikuti oleh siswa-siswa belajar kelompok, kegiatan ini juga menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan belajar mengajar. (**)

Penulis: Siti Nur HidayahDosen Pembimbing: Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto,ST,M.Eng

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *