Lomba Cipta Naskah Drama KTP Perebutkan Trofi Bupati dan Ketua DPRD Purworejo

PURWOREJO, Komunitas Teater Purworejo (KTP) menggelar Lomba Cipta Naskah Drama Tahun 2022 bagi kalangan pelajar SMA/SMK/MA sederajat, mahasiswa, dan masyarakat umum di Kabupaten Purworejo. Selain hadiah berupa uang pembinaan, lomba juga memperebutkan trofi Bupati dan Ketua DPRD.

Ketua KTP, Achmad Fajar Chalik, menyebut Lomba Cipta Naskah Drama merupakan bagian dari rangkaian even bertajuk Pekan Peran KTP 2022 dalam rangka menyemarakkan 15 tahun usia KTP pada 15 Juni 2022.

Lomba diharapkan mampu menggiatkan tradisi cipta/penulisan lakon sebagai bagian dari perkembangan teater, khususnya di kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum.

“Lomba ini digelar oleh KTP bekerja sama dengan DPRD dan Pemerintah Kabupaten Kabupaten Purworejo. Kami berharap pada prosesnya nanti juga mampu memberikan warna baru atas lakon dan pertunjukan teater di Indonesia,” katanya, Kamis (9/6).

Selain Lomba Cipta Naskah Drama, beberapa even rangkaian Pekan Peran KTP 2022 yakni Bakti Teater, Silaturahmi Seni Selapanan, Rekresasi Seni, dan Pameran Karya Teater. Sebagai puncaknya akan digelar Pertunjukan Teater berjudul Bang Djo karya Harjito.

“Pekan Peran KTP kami agendakan berlangsung selama bulan Juni 2022 dengan waktu dan tempat yang berbeda,” ungkapnya.

Ketua Pekan Peran KTP 2022, Dedy Harnanto, menjelaskan, lomba terdiri atas dua kategori, yakni Pelajar SMA/SMK/MA sederajat serta Mahasiswa dan masyarakat umum se-Kabupaten Purworejo. Perserta merupakan perorangan dan setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu naskah drama.

“Lomba tidak dipungut biaya alias gratis. Pendaftaran telah dimulai sejak awal Mei 2022. Sedianya batas akhir pengiriman karya pada 15 Juni 2022, tetapi untuk memberikan kesempatan bagi peserta, batas akhir pengiriman karya diperpanjang 15 Juni 2022” sebutnya.

Dijelaskan, lomba mengangkat tema utama Kebudayaan Lokal Menguatkan Kebudayaan Nasional dengan pilhan subtema berbagai aspek kehidupan, antara lain Pendidikan, Nasionalisme, Kearifan Lokal, Dinamika dan Kepedulian Sosial, serta Kepedulian Lingkungan.

Bentuk naskah bebas, tetapi isi tidak boleh melanggar etika, hukum, dan SARA. Naskah menggunakan bahasa Indonesia dengan memperhatikan kaidah penulisan yang baik dan benar, tetapi tidak menutup kemungkinan menggunakan idiom, dialek, dan/atau ungkapan kedaerahan yang relevan.

Persyaratan lainnya yakni naskah merupakan karya baru yang belum pernah menjuarai dan/atau sedang diikutkan dalam lomba serupa, dibuktikan dengan surat pernyataan orisinalitas karya bermeterai Rp10.000.

“File naskah dalam format pdf berserta berkas persyaratan lain dikirimkan secara Daring melalui alamat email pekanperanktp2022@gmail.com dengan subjek sesuai nama kategori yang diikuti,” jelasnya.

Panitia menentukan 3 pemenang utama untuk masing-masing kategori. Pada kategori Pelajar SMA/SMK/MA sederajat, 3 pemenang utama akan mendapatkan piagam dan Trofi Ketua DPRD Purworejo.

Sementara Trofi Bupati Purworejo akan diberikan kepada 3 pemenang kategori mahasiswa dan umum.

Peserta terbaik 1, 2, dan 3 pada masing-masing kategori akan mendapatkan uang pembinaan. Terbaik 1 senilai Rp1 juta, Terbaik 2 Rp 750 ribu, dan Terbaik 3 Rp 500 ribu. Sepuluh karya terbaik pilihan dewan juri dan panitia rencananya juga akan dibukukan dalam Antologi Naskah Lakon Teater Komunitas Teater Purworejo.

“Informasi serta petunjuk pelaksanaan lomba secara lengkap sudah kami kirimkan ke sekolah-sekolah dan instansi terkait. Namun, jika ada informasi lain yang ingin ditanyakan dapat menghubungi panitia pada nomor 085228090006 dan 081310662323 atau melalui media sosial KTP,” bebernya. (Nas)

Tinggalkan Komentar