Lawatan Bupati ke Eropa: Di Swedia, Bupati Teken Kerjasama Bidang Digitalisasi Pertanian

STOCKHOLM, SWEDIA, Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM dan CEO Supertext, Martin Jacobson, Rabu (19/6), menandatangani kerjasama cooperation framework di bidang digital farming (digitalisasi pertanian). Penandatanganan naskah kerjasama dilakukan di kantor Supertext di Stockholm, disaksikan oleh Dubes RI untuk Swedia, Bagas Hapsoro, Ketua DPRD Luhur Pambudi, ST, MM, Sekda Drs Said Romadhon, Kepala Bappeda Drs Pram Prasetyo Achmad, MM dan Kepala Dinparbud Agung Wibowo, AP.

Menurut Said Romadhon, seperti disampaikan kepada pNews Kamis (19/6)) malam, kunjungan tersebut dilakukan sebagai respon atas undangan Supertext, sebuah perusahaan besar yang bergerak di bidang teknologi informasi. Di perusahaan Supertext, Bupati menerima hibah teknologi dan pelatihannya dari Direktur Supertext Martin Jacobson.

“Kunjungan delegasi Purworejo ini bukan untuk berwisata atau bersenang-senang, melainkan memiliki misi bagi kemajuan Kabupaten Purworejo di masa mendatang,”tegas Said Romadhon.

Dijelaskan, sejak tahun 2018 lalu, Pemkab Purworejo memang telah merintis kerjasama dengan Supertext dalam pengembangan digital farming. Serangkaian pertemuan dan pembicaraan sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu, dan sudah ditindaklanjuti dengan penandatangan Letter of Intent.

Usai menandatangani naskah cooperation framework, seperti dikutip Said Romadhon, Bupati Agus Bastian mengungkapkan, pihaknya merasa perlu menggunakan aplikasi Supertext ini karena sangat banyak manfaat yang bisa dipetik.

Antara lain pemanfaatan komunikasi digital di antara petani, penyuluh dalam mengakses informasi dan pelayanan, penyediaan informasi ketersediaan dan keamanan pangan dilihat dari tanaman yang tersedia dan yang telah dipanen antarwilayah.

Selain itu juga menjembatani antara pihak petani sebagai produsen dengan konsumen ataupun industri melalui ketersediaan informasi harga. Serta membantu petani melalui desiminasi inovasi dan pengetahuan teknis antara petani dan penyuluh.

Swedia merupakan negara terakhir yang dikunjungi delegasi Purworejo selama lawatan ke Eropa sejak Senin lalu, setelah sebelumnya berkunjung di Belanda. Menurut rencana Rabu sore waktu setempat atau Rabu malam waktu Indonesia, bupati dan rombongan akan bertolak kembali ke Tanah Air. (Nas)

Tinggalkan Komentar