Lantik 114 Pejabat Pemda, Bupati Ingatkan Agar Tak Dijadikan Komoditas Politik

PURWOREJO, Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM melantik dan mengambil sumpah 114 orang pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah, di Ruang Arahiwang Setda, Jumat (9/9). Mereka yang dilantik antara lain Drs Sutrisno, M.Si sebagai Asisten Sekda Bidang Ekbang. Lainnya yaitu 56 pejabat Admijidtrator, 44 pejabat Pengawas, 12 kepala sekolah dan seorang SPNF.

Bupati menegaskan, pelantikan dan mutasi sebagai bagian dari upaya penyegaran dan penigkatan kinerja. Pelantikan ini hendaklah dimaknai terutama dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu. 

Dikatakan, pengembangan karier pegawai tidak dilakukan semata-mata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja dan pelayanan umum.

“Saya berpesan untuk menyikapi setiap pelantikan pejabat secara wajar, tidak membumbui dengan berbagai isu dan rumor yang tidak jelas. Apalagi menjadikannya sebagai komoditas politik yang hanya akan menimbulkan sikap saling curiga, mempengaruhi kinerja pemerintahan dan mengganggu kondusivitas daerah,” tandas Bupati.

Penandatanganan berita acara pelantikan

Menurut Bupati, pelantikan dan mutasi jabatan adalah bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai.

Ditegaskan, parameter utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai dilakukan melalui pertimbangan kapasitas, kompetensi, integritas, loyalitas, moralitas, pangkat serta nilai pengabdian dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab kepada negara.

Menyinggung peran kepala sekolah, bupati mengatakan, kepala sekolah dan jajaran pendidikan memiliki peran yang tak kalah pentingnya, yakni dalam penyiapan sumberdaya manusia sejak dini melalui pendidikan.

“Kita semua ini adalah ibarat sebuah bangunan yang saling menguatkan. Bila ada salah satu atau beberapa diantaranya yang lemah, maka akan berdampak pula pada lainnya,” tegasnya. (Adv)

Tinggalkan Komentar