Kwarnas Pramuka Satgas Covid-19 Kunjungi Kwarcab Purworejo

PURWOREJO, Andalan Nasional Kordinator Wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara selaku Satgas Pramuka Peduli Covid-19 Pramuka Kwarnas, Prof Dr Ir Sri Puryono KS MP mengunjungi Pramuka Kwarcab Purworejo. Kunjungan diterima Ketua Kwracab Purworejo Drs Pram Prasetyo Achmad, MM, di Ruang Bagelen Setda, Senin sore (29/3). 

Kunjungan tersebut dalam rangka menyerap aspirasi kepramukaan, dihadiri pengurus Kwarcab antara lain Stephanus Aan Isa Nugroho, SSTP, MSi, Waka Humas Abdimas Drs Muh Wuryanto, MM, sekretaris Hj Piyani S.Pd.

Sri Puryono mengapresiasi Kwarcab Purworejo sebagai Kabupaten Pramuka yang terus update dalam kegiatan Pramuka. Termasuk adanya Kampung Pramuka yang akan dijadikan contoh bagi Kwarcab lain. 

“Kita juga ingin monitoring kegiatan yang dilakukan di Kwarda maupun Kwarcab, terutama Pramuka Peduli kita, agar benar-benar efektif untuk membantu pencegahan covid-19,” jelas Sri Puryono. 

Disamping itu pramuka peduli bisa berjalan efektif tidak hanya melakukan tapi juga sebagai pelopor. Juga adanya bumbung kemanusiaan, sangat membantu setiap ada kebencanaan. 

“Salah satunya di saat pandemi banyak warga yang terdampak covid-19. Bumbung kemanusiaan adalah dana dari kita untuk kita yang sifatnya suka rela dalam rangka mengantisipasi jika terjadi bencana apapun,” tandasnya.

Dijelaskan, masing-masing Kwarcab ada anggota Pramuka untuk menjadi duta perubahan perilaku. Duta ini selama pandemi memberikan edukasi kepada masyarakat dan anggota Pramuka tentang menerapkan 5M.

Termasuk kepedulian tanggap terhadap bencana, sehingga Pramuka selalu berada di garda depan dalam penanganan bencana.  

Sementara itu Pram Prasetyo memaparkan tentang kampung Pramuka yang menggerakkan warga dalam kepramukaan dari mulai memupuk rasa cinta tanah air, perilaku sopan santun, hingga berbagai kegiatan seperti senam, pelatihan ketrampilan, dll. 

Kampung Pramuka juga selalu dilibatkan dalam setiap even pameran pembangunan di Kabupaten Purworejo. Kampung Pramuka juga beberapa kali untuk ajang studi banding dari Kwracab lain. 

Terkait pencegahan covid-19, Pram  mengatakan Kwacab Purworejo telah melakukan berbagai kegiatan seperti pembuatan dan pembagian masker, penyemprotan desinfektan, kebersihan lingkungan. 

Sedang Stephanus Aan mengatakan, ecara umum kondisi Purworejo sebagai daerah yang strategis karena sangat dekat dengan bandara internasional. Perkembangn regional seperti BOB, juga sangat mungkin untuk kolaborasi, bendungan Bener yang merupakan program nasional. 

“Harapanya tidak hanya Kampung Pramuka tapi bisa punya unggulan dari Pramuka. Kami siap mendukung program-program Pramuka,” pungkasnya. (**/Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *