KPU Purworejo Buka Pendaftaran PPK Pemilu 2024, Ini Syarat dan Tahapannya 

PURWOREJO, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo mulai Minggu  (20/11) membuka pendaftaran anggota badan ad hoc di tingkat kecamatan (Panitia Pemilihan Kecamatan/PPK). Pendaftaran dibuka selama sepuluh hari yakni dari tanggal 20 hingga 29 November 2022.

Kadiv Sosdiklih Parmas SDM KPU Purworejo Imam Turmudzi menyampaikan, persyaratan mendaftar sebagai PPK antara lain yakni warga negara Indonesia berusia paling rendah 17 tahun, mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil, tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan  atau sekurang-kurangnya dalam waktu lima tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik.

“Persyaratan lainnya yakni berdomisili dalam wilayah kerja PPK, PPS dan KPPS, mampu secara jasmani dah rohani serta bebas dari penyalahgunaan narkotika, berpendidikan paling rendah SMA  atau sederajat,” imbuh Imam.

Selain itu tidak pernah dipenjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara  lima tahun atau lebih.

Imam Turmudzi

Ditambahkannya bahwa KPU menggunakan  Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA) untuk pendaftaran mandiri calon anggota PPK dan PPS. Caranya dengan mengisi data pendaftaran dan mengunggah persyaratan secara digital.

“Artinya siapapun calon yang berminat harus buat akun SIAKBA untuk melakukan apply dokumen SIAKBA sendiri dapat dioperasikan oleh penguna yang telah terdaftar dalam sistim dan dapat juga bagi yang tidak terdaftar secara terbatas,” jelasnya 

Adapun pendaftar bisa melakukan pendaftaran  secara online melalui aplikasi SIAKBA https://siakba.kpu.go.id/login. SIAKBA (Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc), yakni aplikasi berbasis website  yang membantu proses dalam pendaftaran  anggota KPU dan badan adhoc.

Imam pun menjelaskan jadwal pembentukan PPK. Yakni pengumumam pendaftaran calon PPK tanggal 20 hingga 24 November, penerimaaan  pendaftaran 20 sampai 29 November. Selanjutnya penelitian administrasi mulai 21 November sampai 1 Desember.

Selanjutnya pengumuman hasil penelitian administrasi tanggal 2  sampai 4 Desember. Disusul seleksi tertulis tanggal 5-7 Desember. Kemudian pengumuman hasil seleksi 8-10 Desember, dilanjutkan tanggapan dan masukan masyarakat tanggal 2-10 Desember.

Tahapan selanjutnya yakni wawancara tanggal 11-13 Desember, kemudian pengumuman hasil seleksi tanggal 14-16 Desember dan penetapan anggota PPK tanggal 16 Desember. Adapun  pelantikan dilakukan tanggal 4 Januari 2023. Sedangkan masa kerja PPK dimulai pada 4 januari 2023 sampai 4 April 2024. 

“Bagi pelamar yang mengalami kesulitan  dalam proses pendaftaran bisa menghubungi petugas pendaftaran di Kantor Sekretariat KPU Kabupaten Purworejo Jalan Urip Sumoharjo Nomor 6, atau kontak ke nomor WA 088 200 7476760. Layanan helpdesk dibuka setiap hari dan dimulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB,” pungkasnya. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *