KONI Purworejo Usulkan Bonus Rp 50 Juta Bagi Peraih Medali Emas pada Porprov 2023

PURWOREJO,  Pada pelaksanaan Porprov tahun 2023 mendatang KONI Purworejo mengusulkan setiap atlet yang berhasil meraih medali emas mendapatkan bonus senilai Rp 50 juta. Nominal tersebut terpaut Rp 20 juta pada event Porprov tahun 2018 sebesar Rp 30 juta.

Hal tersebut disampaikan oleh ketua KONI Sumaryanto usai melantik Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK) Selasa lalu. Acara yang diadakan di Gedung PKPRI itu dihadiri Ketua DPRD Dion Agassi dan wabup Yuli Hastuti.

Maryanto menjelaskan, penambahan nominal bonus itu sebagai upaya memberikan apresiasi kepada atlet Purworejo yang bisa meraih prestasi terbaik bagi daerahnya. Disebutkan, tambahan nominal bonus itu juga berkaitan dengan nilai bonus daerah lain yang kemungkinan juga meningkat.

Meski anggaran Porprov belum ditetapkan, lanjut Maryanto, pihaknya akan memperjuangkan hal tersebut. Diakuinya, beberapa atlet andalan hijrah ke daerah lain, salah satu faktornya karena iming-iming bonus yang lebih besar daripada di Purworejo.

Ketua KONI Sumaryanto, bonus dinaikkan

Faktor lainnya, lanjut Maryanto, mereka diberi uang transport bulanan selama mengikuti kegiatan program jangka panjang (PJP), serta diberi pekerjaan atas prestasinya sebagai atlet.
Meski begitu Maryanto mengaku tidak bisa mencegahnya.

Bila nilai bonus bagi atlet peraih medali emas menjadi Rp 50 juta, maka untuk peraih perak dan perunggu menjadi Rp 30 juta dan Rp 20 juta. Dia berharap rancangan tersebut dapat terealisasi sehingga dapat lebih memacu semangat atlet.

Pada Porprov 2018, medali emas yang diperoleh Purworejo sebanyak tiga buah dengan jumlah atlet 61 orang. Porprov mendatang,  jumlah atlet akan bertambah. Demikian pula dengan perolehan medali emas yang juga bertambah.

Terkait dengan anggaran, ketua DPRD Dion Agasi Setyabudi menyampaikan agar (KONI) berkoordinasi dengan DPRD. Dion juga berharap agar prestasi olahraga di Purworejo semakin  baik. “Dalam Porprov sebelumnya Purworejo terseok-seok,” kata Dion.

Ia berharap dengan dibentuknya KOK akan bisa mencetak atlet besar dan berprestasi di Kabupaten Purworejo. “KOK diharapkan akan dapat berperan dalam penjaringan atlet di seluruh wilayah Purworejo yang memiliki 494 desa dan 16 kecamatan,” kata Dion saat menyampaikan sambutan. (Dia)

Tinggalkan Komentar