KKN Pas Agustusan, Mahasiswa Dihimbau Tak Ajukan Proposal Kemana-mana

PURWOREJO, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Purworejo, Sumharjono, S.Sos, MM wanti-wanti agar mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) tidak mengajukan proposal dan mencari donatur untuk membiayai Agustusan di desa-desa.
“Pengajuan proposal bantuan untuk kegiatan Agustusan saya minta dihindari, supaya tidak meinmbulkan hal yang tidak baik. Apalagi proposalnya ke kabupaten, kecamatan atau yang lainnya,” pinta Sumharjono pada penerimaan KKN Universitas Islam Indonesia Yogyakarta di Pendopo Selasa (30/7).
Sumharjono juga minta agar mahasiswa lebih kreatif dalam menyelenggarakan kegiatan, karena peringatan HUT kemerdekaan RI harus dimeriahkan dengan melibatkan semua masyarakat di desa.

Lebih lanjut dikatakan, untuk pengembangan desa berbasis potensi unggulan, saat ini desa sedang semangat-semangatnya memprogramkan peningkatan ekonomi desa melalui Bumdes. Maka KKN agar terkonsentrasi mengangkat potensi unggulan desa.
“Penting juga memberdayakan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan. Kabupaten Purworejo berada pada peringkat 14 daerah miskin di Provinsi jawa Tengah,”tandasnya.

Namun demikian, lanjut Sumahrjono, jumlah kemiskinan sudah menurun dari 13, 67% tahun lalu menjadi 11, 8 persen. Program utama di Kabupaten Purworejo diantaranya, progrm peningkatan pendapatan masyarakat miskin (Propendakin). Perdesa diambil 10 KK yang mendapatkan stimulan sebesar Rp. 20 juta, untuk kegiatan pertani, peternakan, industri rumahan seperti membuat makanan ringan, katering, dll.

“Mahasiswa KKN bisa mendorong masyarakat dalam melaksanakan program pengentasan kemikinan. Juga dengan adanya program wisata desa untuk mengangkat potensi yang ada melalui pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes),” ujar Sumharjono.
KKN UII Yogyakarta periode ini merupakan angkatan 59 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 992 orang yang akan ditempatkan di 23 desa di 8 Kecamatan. Yakni Kecamatan Bener, Bagelen, Purworejo, Bruno, Purwodadi, Kemiri, Grabag, dan Kecamatan Ngombol. (A)

Tinggalkan Komentar