Kirab Budaya Ramaikan Acara Merti Desa di Gunung Condong Bruno

BRUNO, Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti, SH menghadiri acara kirab budaya merti desa di Desa Gunung Condong, Kecamatan Bruno, Senin (18/7). Kirab budaya ditandai dengan diaraknya ayam panggang, yang dipajang mengunakan bambu dan disusun rapi sesuai dengan bentuk ambeng/ancak, yang juga dipadukan dengan berbagai hasil bumi.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinporapar Stephanus Aan Isa Nugroho, SSTP, M.Si, dan sejumlah pejabat.

Wabup menilai, merti desa merupakan salah satu bentuk pelestarian tradisi dan budaya bangsa. Merti desa, bersih desa, selamatan desa, sedekah bumi pada hakikatnya merupakan sebuah kegiatan yang menjadi simbol rasa syukur masyarakat kepada Tuhan atas segala karunia yang diberikan-Nya.

Wabup Yuli Hastuti menghadiri acara Merti Desa di Gunung Condong

Wabup mengajak masyarakat Desa Gunung Condong untuk menangkap peluang, terus kreatif, berinovasi, menggali dan mengembangkan potensi yang ada di desa secara optimal dengan dukungan dari semua lapisan masyarakat yang terlibat di dalamnya.

Sementara itu Ketua Panitia Merti Desa, Betu Sukiman, S.Pd melaporkan, berbeda dengan peringatan sebelumnya, merti desa tahun ini sangat terbatas karena mengingat masih masa pademi. Merti desa bertujuan untuk melestarikan adat istiadat dari para leluhur.

“Saya berharap dengan merti desa masyarakat diberikan keselamatan lahir dan batin, serta guyup rukun, gemah ripah, loh jinawi, ” harapnya. (Nas)

Tinggalkan Komentar