Ketua Kwarcab Pramuka Lantik Pengurus Pusdiklat

PURWOREJO, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Purworejo Pram Prasetyo Achmad mengukuhkan dan melantik Pengurus Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kepramukaan masa khidmat 2019-2021, di Sanggar Bhakti Gerakan Pramuka, Minggu (30/6). Mereka yang dilantik yaitu Kuntari Watini (ketua), F Suprihono (wakil ketua) dan Retno Suprihatini (sekretaris).
Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Purworejo, Pram Prasetyo Ahmad dalam sambutanya mengatakan, Pusdiklat merupakan bagian integral dari Kwarcab yang berfungsi sebagai wadah dan pelaksana pendidikan serta pelatihan, guna meningkatkan jumlah dan mutu anggota Pramuka.
Kepada pengurus baru, Pram meminta agar dapat memaksimalkan keberadaan Pusdiklat sebagai upaya pengembangan sumber daya manusia Gerakan Pramuka di Kabupaten Purworejo. Keberadaan Pusdiklat juga diharapkan dapat memberikan pelayanan pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat.

“Maksimalkan keberadaan Pusdiklat ini sebagai momentum peningkatan kapasitas dan kapabilitas anggota pramuka, khususnya para pembina melalui pelatihan-pelatihan,” ujarnya.

Jika dimanfaatkan dengan betul, Pram yakin peran Pusdiklat mampu membentuk pribadi dan kecakapan anggota pramuka sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam butir-butir Dasa Darma Pramuka, bahkan lebih dari itu.
“Menciptakan generasi baru yang lebih baik adalah amanah yang harus ditunaikan. Kita harus mampu menjaga kesadaran berbangsa dan bermasyarakat generasi bangsa melalui infiltrasi didalam kegiatan Pramuka,” ujar Pram.

Hal senada diungkapkan oleh Waka Bidang Pramuka Dewasa (Waka Binawasa), Titik Mintarsih. Titik melihat keberadaan Pusdiklat Kepramukaan akan menjadi kawah candradimuka bagi seluruh anggota pramuka menempa diri dan meningkatkan kecakapan.
“Pramuka ini sebagai wadah pembinaan diluar sekolah dan keluarga yang senantiasa meningkatkan kualitas anggotanya untuk menjadi kader pemimpin. Semoga dengan pelatihan-pelatihan yang diberikan disitu nantinya akan menghasilkan peserta didik teratas, menjadi Pramuka Garuda,” ujarnya.
Lebih jauh ia menjelaskan, guna mendukung program Pusdiklat, rencananya akan disiapkan gedung Pusdiklat Kepramukaan yang berlokasi di dekat Bumi Perkemahan Puntuk. Namun, sementara ini seluruh kegiatan Pusdiklat akan dipusatkan di Sanggar Bhakti Gerakan Pramuka. (A)

Tinggalkan Komentar