Ketua KPU Purworejo Lantik 1.482 Anggota PPS dari 16 Kecamatan

PURWOREJO, Sebanyak 1.482 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Purworejo dilantik oleh ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purworejo Drs Dulrokhim pada Selasa (24/1). Mereka berasal dari perwakilan 16 kecamatan sejumlah 494 kelurahan/desa masing-masing tiga orang.

Acara yang digelar di Alun-alun Purworejo itu dihadiri Bupati Purworejo Agus Bastian, Sekda Said Romadhon, forkopimda, camat, dan kepala kelurahan/desa se-kabupaten Purworejo. Juga pengurus KPU dan PPK serta Bawaslu Kabupaten Purworejo dengan total peserta mencapai 2.400 orang.

Sebanyak 1.482 anggota PPS tersebut diwakili oleh empat orang yang diambil sumpah sesuai agamanya yakni Islam, Kristen, Katolik,dan Budha dengan didampingi para rohaniawan.

Dulrokhim menjelaskan, Pemilu 2024 telah memasuki tahapan keenam, yakni pencalonan presiden dan wakil presiden, anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota. Selanjutnya tahapan ketujuh yakni kampanye.

Tahapan kedelapan berupa masa tenang, kesembilan berupa pemungutan dan penghitungan suara, kesepuluh penetapan hasil pemilu, kesebelas pengucapan sumpah dan janji calon terpilih. Adapun anggota PPS mulai bekerja seusai dilantik hari ini.

Ketua KPU Purworejo Dulrokhim

“Di sela-sela tahapan utama itu, kita masih melaksanakan sub tahapan perekrutan badan AdHoc pantarlih dan KPPS, penyusunan daftar pemilih, penyiapan logistik, dan kegiatan sosialisasi,” jelas Dulrokhim.

Tugas-tugas melaksanakan tahapan pemilu yang berat itu, lanjutnya, tentu tidak mungkin dikerjakan sendiri oleh jajaran KPU. Sukses Pemilu 2024 adalah kerja bersama seluruh warga Purworejo.

Dulrokhim berharap agar seluruh jajaran PPS mampu menjalankan tugas dengan baik, bekerja penuh kejujuran dan keikhlasan, serta menjaga integritas dan soliditas.

“Kalau di dunia pendidikan ada Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, maka di dunia kepemiluan, Anda adalah Pahlawan Demokrasi. Anda adalah pejuang-pejuang demokrasi demi tegaknya NKRI,” ucap Dulrokhim.

Ditambahkannya, pelantikan PPS Pemilu 2024 kali ini dilaksanakan di tingkat kabupaten sebagai bentuk show of force kepada masyarakat Purworejo berupa Gelar Pasukan Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu. “Ini menunjukkan bahwa kami telah siap untuk melaksanakan dan menyukseskan Pemilu 2024 secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” tegasnya.

Bupati beserta jajaran Forkominda saat acara pelantikan anggota PPS

Adapun Bupati Agus Bastian dalam sambutannya menyampaikan, pelantikan PPS ini menjadi momentum yang menandai kesiapan Kabupaten Purworejo dalam melaksanakan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Kepada anggota PPS yang telah dilantik, bupati berharap agar segera melakukan koordinasi baik secara vertikal maupun horisontal. Sehingga tahapan-tahapan yang telah direncanakan dalam penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Purworejo dapat terlaksana dengan baik.

Ditegaskannya bahwa setiap tindakan seluruh penyelenggara Pemilu termasuk PPS harus berpedoman pada aturan hukum yang berlaku, agar langkah dan tindakan dapat dipertanggung jawabkan.

“Jangan tergoda untuk menyalahgunakan kekuasaan dan kewenangan yang dimiliki, termasuk menjaga diri agar tidak terjebak dalam politik uang, karena hal itu akan memiliki konsekuensi hukum sekaligus menodai nilai-nilai demokrasi,” pesan bupati.

Dirinya juga menekankan kembali pentingnya netralitas seluruh penyelenggara Pemilu, sebagai salah satu kata kunci yang harus ditegakkan. “Netralitas penyelenggara pemilu harus dijaga dan dipegang teguh, karena merupakan modal sangat penting dalam mengawal tegaknya demokrasi,” pungkasnya. (Dia)

Tinggalkan Komentar