Keren, SMK Institut Indonesia Kutoarjo Ciptakan Robot Sensor Cahaya HP

KUTOARJO, Selain menciptakan mobil listrik SMK Institut Indonesia (ii) Kutoarjo juga punya karya yang membanggakan berupa tiga buah robot mini. Yakni robot sensor cahaya, robot ultrasonik, dan robot wifi yang digerakkan melalui pemrograman dan dikontrol oleh HP. Karya tersebut mendapat perhatian Bupati Purworejo Agus Bastian saat mengunjungi sekolah tersebut pada Sabtu (15/10).

Dalam kunjungannya ke SMK ii, selain mencoba mobil listrik, bupati juga menjajal salah satu robot yakni robot sensor cahaya yang digerakkan dengan menggunakan cahaya dari HP.

Menurut penuturan Ketua Jurusan (kajur) Teknik Instalasi Tenaga Listrik Shinta Kusumastuti, ST, M.Pd, bupati tampak puas dengan karya kreatif siswa SMK yang terletak di Jalan Tentara Pelajar Girirejo Kutoarjo itu.

Bupati menyaksikan seorang siswi merangkai komponen robot

Kepada Purworejo News lebih lanjut Shinta menjelaskan, robotik merupakan ekstrakulikuler yang baru dikembangkan di sekolahnya mulai bulan Agustus lalu.

“Robotik ini punya team inti tujuh siswa dengan pengampu Yus Hanafi M.N selaku guru teknik listrik dan saya sendiri selaku kajur. Mereka berlatih seminggu sekali di bengkel listrik sekolah kami,” jelas Shinta.

Saat bupati berkunjung ke SMK ii Kutoarjo, Shinta mengungkapkan, orang nomor satu di Purworejo itu mengatakan bahwa robotik merupakan karya inovasi yang membanggakan dari SMK II khususnya untuk Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik.

Shinta bersama para anak didiknya yang sukses menciptakan mibil listrik dan robot

“Menurut beliau ini merupakan jurusan masa depan dimana nantinya listrik akan sangat krusial,” kata Shinta. Pernyataan tersebut tentu saja mendorong semangat Shinta untuk terus
menciptakan karya-karya yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Hal itu, lanjut Shinta, sejalan dengan visi jurusan listrik bahwa SMK tidak untuk menciptakan buruh tetapi mampu membentuk pribadi yang bisa menciptakan, baik karya maupun lapangan pekerjaan.

Ditambahkannya, beberapa waktu lalu Jurusan Listrik SMK ii Kutoarjo juga telah melaksanakan workshop pengenalan ekstra robotik untuk siswa SMP di Kecamatan Kutoarjo, bekerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purworejo. (Dia)

Tinggalkan Komentar