Keren, Baru 8 Tahun Berdiri, SMK Kesehatan Purworejo Sudah Jadi SMK Pusat Keunggulan

PURWOREJO, Di tahun kedelapan berdiri, SMK Kesehatan Purworejo mendapatkan kado istimewa berupa kepercayaan sebagai SMK Pusat Keunggulan (PK). Hal itu berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek tanggal 14 Maret 2022.

Ditemui di ruang kerjanya, Kepala SMK Kesehatan Purworejo Nuryadin, M.Pd menyampaikan rasa syukurnya. “Ini membuktikan bahwa SMK Kesehatan Purworejo memang layak sebagai sekolah unggul. Semua ini tidak terlepas dari jerih payah kinerja dan sinergi yang baik antara pimpinan, guru, dan karyawan,” ucap Nuryadin, Sabtu (28/5).

Program SMK PK lanjut Nuryadin, merupakan program pengembangan SMK dengan kompetisi keahlian tertentu dalam peningkatan kinerja. “Diperkuat melalui kemitraan dan keselarasan dengan dunia usaha. Juga ada program pendampingan untuk membantu pencapaian output,” lanjutnya.

Secara umum, program SMK PK bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha sesuai bidangnya.

Pimpinan SMK Kesehatan Purworejo bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

“Rencana aksi program pengembangan SMK Kesehatan Purworejo menjadi SMK PK diawali dari pengembangan kompetensi keahlian keperawatan kesehatan agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja. Lalu diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan industri dan dunia kerja (Iduka), disamping menjadi rujukan bagi SMK lainnya.”

Nuryadin merinci, pengembangan SMK Kesehatan Purworejo menjadi SMK PK dilakukan secara holistik. Yakni kepala sekolah sebagai CEO berperan sebagai manajer satuan pendidikan seperti CEO perusahaan yang inovatif.

Juga keterlibatan iduka, guru yang berkapasitas dan bersertifikasi, sarpras yang dimiliki berstandar iduka. Termasuk rekam jejak tingkat penyerapan lulusan di iduka.

Tak hanya itu. SMK Kesehatan Purworejo juga menjadi rujukan bagi SMK lain. Diantaranya dalam hal pembelajaran peserta didik, pelatihan, serta sarpras sekolah yang representatif.

Siswa SMK Kesehatan Purworejo sedang mengikuti praktik

Dalam hal kerjasama dengan iduka, Nuryadin mengatakan, SMK Kesehatan Purworejo telah mengembangkan metode pembelajaran. Antara lain dalam hal pengiriman tenaga kesehatan yang kompetitif ke luar negeri seperti Jepang, Malaysia, dan Korea.

“Semuanya dilalui dengan MoU yang ketat,” lanjut Nuryadin.

Melalui SMK PK, menurut Nuryadin, diharapkan dapat menjadikan SMK Kesehatan Purworejo menjadi lebih berkualitas secara akademik, fasiltas, serta terpenuhinya aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan.

Semuanya merupakan prasyarat dari teknis fasilitas pendidikan kejuruan sesuai standar iduka mitra. Selain itu juga membangun citra baru SMK Kesehatan Purworejo sehingga menjadi penggerak bagi pengembangan SMK lainnya.

Nuryadin meyakini, SMK PK merupakan terobosan komprehensif yang ditujukan untuk menjawab tantangan agar sejalan dengan kebutuhan dunia kerja.

Nuryadin, MPd

Meski sudah menjalani MoU dengan beberapa iduka luar negeri, Nuryadin mengatakan bahwa semuanya harus berlangsung menyeluruh.

“Profil tenaga kerja jaman now yang sesuai dengan tuntutan dunia industri hanya dapat dihasilkan dari lulusan pendidikan yang berkualitas. Yakni yang model pembelajarannya mengadopsi kultur kerja industri,” tegas Nuryadin yang inovatif itu.

Mengutip Tony Wagner dalam bukunya the Global Achievement Gap, Nuryadin menyebutkan tujuh modal dasar yang harus dimiliki siswa untuk mampu berperan dengan baik di masa depan.

Gedung Kampus 2 SMK Kesehatan Purworejo

“Tujuh modal dasar tersebut yakni kemampuan memecahkan masalah, kemampuan beradaptasi, kolaborasi, inisiatif dan kewirausahaan, komunikasi efektif, serta rasa keingintahuan”.

Nuryadin mengaku menerapkan modal dasar tersebut kepada siswa SMK Kesehatan Purworejo. Tujuannya, untuk menghasilkan lulusan yang sesuai iduka.

Dirinya pun menegaskan, sesuai dengan tagline, SMK kesehatan Purworejo yang berada dalam naungan Yayasan Bina Tani Bagelen menyiapkan lulusannya siap kuliah, siap kerja, serta siap kerja sambil kuliah.

Sampai saat ini pendaftaran siswa baru masih berlangsung di SMK Kesehatan Purworejo. Jadi, tunggu apa lagi. Segera daftar di SMK Kesehatan Purworejo di Jalan Jenderal Sarbini Pangenjurutengah Purworejo. (Dia)

Tinggalkan Komentar