Kepala SMK YPT Terpilih Jadi Peserta Kompetensi Kepemimpinan dan Wirausaha Nasional

PURWOREJO, Kepala SMK YPT Purworejo Toto Wibawa, M.Pd berbagi pengalaman menjadi peserta kegiatan Kompetensi Kepemimpinan dan Kewirausahaan tingkat Nasional yang diadakan di Bogor selama enam hari, 29 November – 4 Desember 2020 lalu.

Kepada Purworejonews, Senin (8/12)Toto yang baru pulang dari acara itu berkisah, kegiatan itu diikuti 42 peserta kepala SMK se-Indonesia. “Dari Purworejo hanya SMK YPT dan SMK Muhammadiyah Purwodadi yang menjadi peserta dalam forum yang digagas oleh Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia itu,” ucapnya.

Menurutnya, peserta ditunjuk dari Kemendikbud dan penyelarasan dunia usaha dengan dunia industri.
Di Purworejo memang baru SMK YPT yang menjadi sekolah yang menerapkan Center of Excellence (CoE) karena kondisi fisik sekolah dan program pembelajaran yang diterapkan di sekolah. Adapun kompetensi yang diikuti di Bogor itu merupakan upaya pembentukan karakter Kepala Sekolah menjadi Chief Executive Officer (CEO).

“Ini semacam kursus kepemimpinan dan kewirausahaan karena mencakup aspek leader, manajer, dan wira usaha yang diharapkan dimiliki oleh KS SMK, ” ucap Toto.

Ia menyebut, diantara sekian materi yang disampaikan, yang paling menarik dan mendalam yakni materi tentang Bagaimana Menjadi CEO yang Baik. Menurut Toto, dirinya bisa menyerap materi itu dan kemudian diniatkan untuk diaplikasikan di SMK YPT.

Selain sebagai forum sharing antar peserta, Toto berharap kegiatan sepekan yang dilakukannya dapat diaplikasikan di SMK YPT yakni kewirausahaan dan kepemimpinan. “Kami merintis teaching factory (Tefa).

CoE SMK YPT adalah jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) sehingga Tefa-nya servis mobil untuk masyarakat umum,” katanya.

Caranya, lanjut Toto yakni dengan menggandeng iduka Nasmoco Magelang. “Ini akan kami terapkan pada semester ganjil tahun 2021”. Upaya Kepala SMK terlama di Purworejo untuk terus mengasah ketrampilan sebagai seorang leader, manajer, dan Wira usaha itu tak hanya berhenti sampai di situ.

Tgl 9-12 mendatang, dirinya akan mengikuti workshop menciptakan sekolah menyenangkan di UGM. “Ini merupakan kelanjutan dari CEO agar lebih maksimal,” pungkasnya. (Dia)

 147 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *