Kepala Gudang: Bulog Siap Beli Gabah Petani

BUTUH, Kepala Gudang Bulog Butuh, Iksan, menyatakan Bulog siap membeli gabah petani dengan harga pembelian pemerintah (HPP) sesuai dengan Permendag Nomor 24 Tahun 2020, yaitu Rp 4.200 perkilogram gabah kering panen (GKP) dan Rp 5.300 perkilogram gabah kering giling (GKG).

Penegasan tersebut dikeluarkan menyusul adanya pertemuan antara Bulog, Dinas PKPP dan kades se Kecamatan Banyuurip beberapa hari lalu terkait anjloknya harga gabah di tingkat petani.

Seperti diketahui, pada musim panen padi saat ini, harga gabah kering panen di tingkat petani anjlok pada kisaran Rp 3.000-Rp 3.200. Kondisi seperti itu dikeluhkan oleh para petani.

“Bulog siap membeli harga GKP sebesar Rp 4.200, dengan persyaratan kualitas kadar air maksimal 25 persen dan hampa kotoran maksimal 10 persen. Sedang harga GKG Rp 5.300 dengan kualitas kadar air maksimal 14 persen dan hampa kotoran maksimal 3%,” jelas Iksan saat ditemui Purworejonews di kantornya, Senin (8/3).

Gudang Bulog siap tampung gabah petani

Menurutnya, saat ini pihak Bulog sudah mulai membeli gabah dari para petani yang sedang panen raya saat ini. Harganya bervariasi sesuai dengan tabel rafaksi untuk memastikan kualitas gabah.

“Jika gabah yang dikirim ke Bulog kualitasnya di bawah standar, nanti akan ditampung oleh Satker untuk diproses lebih lanjut hingga bisa masuk ke Bulog. Tentu saja biaya pemrosesan di Satker akan diperhitungkan,” kata Iksan.

Tapi dengan kondisinya saat ini, menurut Iksan kebanyakan yang kelas medium seharga Rp 3.700/kg. Para petani, kata Iksan menjualnya melalui mekanisme Satker atau kerjasama dengan Gapoktan.

Saat ini gudang Bulog siap menampung berapapun gabah petani hasil panen musim ini. Disamping itu stok untuk kebutuhan beras selama setahun ke depan juga masih cukup. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *