Kepala Dinkes Bantah Purworejo Masuk Zona Merah

PURWOREJO, Masih tingginya jumlah warga Purworejo yang terkonfirmasi Covid-19 membuat posisi Purworejo menjadi sasaran empuk “tuduhan” sebagai kabupaten yang berada di zona merah. Seperti yang dilansir oleh sebuah media online nasional tanggal 20 Desember yang menyebut Purworejo sebagai zona merah.

Saat dikonfirmasi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, dr Sudarmi MM, membantah Purworejo berada pada zona merah. Sudarmi menyodorkan grafik epindemi kabupaten dan kota di Jawa Tengah, dimana posisi Purworejo berada di zona orange.

Pada grafik yang dirilis tanggal 20 Desember tampak posisi Purworejo berada pada zona oranye bersama 17 kota/kabupaten lain. Purworejo berada pada Zona Oranye urutan ke-5 dari 18 daerah setelah Klaten, Blora, Magelang, dan Pemalang.

Sedangkan yang berada di zona merah ada 17 kota/kabupaten dari 35 kota/kabupaten yang ada di Jawa Tengah.

“Jadi bukan berada pada zona merah seperti yang banyak disebutkan dalam berbagai sumber, melainkan zona orange,” tegas dr Sudarmi.

Selain itu, saat dikonfirmasi tentang kecamatan di Purworejo yang berada di zona hijau, dr Sudarmi menyebut, Kecamatan Bruno merupakan satu-satunya kecamatan di Purworejo yang masuk zona hijau. Hal itu karena dalam beberapa bulan terakhir tidak ada warga Bruno yang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19.

Pihaknya beberapa bulan terakhir melakukan swab di Bruno, dan memang hasilnya nihil. Demikian pula dengan Data Kasus Covid Aktif per desa, Bruno menjadi satu-satunya kecamatan yang tidak masuk daftar. Adapun terbanyak yakni kecamatan Purworejo yang mencakup 15 desa di kecamatan tersebut.

Lainnya Pituruh (14), Bener (12), Banyuurip (10), Bayan (10), Kutoarjo (10), Butuh (10), Gebang (9), Kaligesing (9), Kemiri (9), Ngombol (8), Loano (7), Grabag (6), Bagelen (5), Purwodadi (1). Total ada 404 desa di Purworejo yang warganya sudah terpapar virus Corona. (Dia)

 5,892 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *