Kendati Terkendala Hujan, Pengerjaan Proyek Jalan Popongan – Banyuurip Lancar

BANYUURIP, Pelaksanaan proyek peningkatan kapasitas ruas jalan Popongan-Banyuurip berjaan lancar. Saat ini tengah dalam proses pengerjaan lapis pondasi atau AC Base. Adapun progres pengerjaannya mencapai 75% atau surplus 5% dari rencana 70,9%. 

Pelaksana proyek dari PT New Cakti, Riski, yang ditemui Purworejo News di lokasi menjelaskan, pihaknya optimistis proyek akan selesai lebih awal dari jadwal di kontrak yakni 15 Oktober kendati diterpa hujan.

“Insyaallah tanggal 10 Oktober pekerjaan sudah bisa 100%, tinggal bersih-bersih,” jelas Riski.

Dijelaskan, setelah pengaspalan lapis pertama selesai, pekerjaan berlanjut pengecoran bahu jalan. Jika hujan turun terus menerus di siang hari, pengecoran terpaksa dilakukan malam hari.

Riski, optimistis selesai tepat waktu

Di bahu jalan sepanjang 1,5 Km ditanami 150 batang pohon ayoman jenis tabebuya sebanyak 150 batang. Jarak tanaman yaitu 20 meter.

“Aspal lapis kedua setebal 5 Cm akan dikerjakan Minggu depan. Hanya butuh waktu lima hari untuk menyelesaikannya,” imbuh Riski.

Terpisah, Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Purworejo, Adjie Nur Hidayat, ST, MT menjelaskan, proyek peningkatan jalan Popongan-Banyuurip itu dibiayai dengan dana APBD kabupaten tahun 2021 sebesar Rp11,486 miliar.

Menurut Adjie, proyek tersebut untuk memperlancar arus perekonomian dan pengangkutan hasil pertanian. Jalan tersebut semula hanya lebar empat meter, kini dilebarkan jadi enam meter ditambah bahu jalan di kiri dan kanan. (Nas)

 222 kali dilihat,  7 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *