Kenalkan Produk UMKM dengan Grebeg Gunungan di Pantai Jetis

GRABAG, Berbagai upaya dilakukan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) Kabupaten Purworejo bersama forum Usaha Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Purworejo untuk mengenalkan produk UMKM. Salah satunya dengan menggelar Grebeg Gunungan di Pantai Jetis Patutrejo Grabag. 

Grebeg gunungan merupakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari UMKM ke 8 yang digelar pada Sabtu (13/8). Grebeg gunungan dibuka Kepala Dinas KUKMP Gathot Suprapto SH didampingi Sekretaris Dinas KUKMP Dra Titik Mintarsih MPd. 

Gatot Suprapto mengatakan, tema Hari UMKM yakni UMKM Kuat Bangsa Berdaulat. Tema ini menggambarkan semangat yang terus berkobar untuk memajukan UMKM. 

Dikatakan, Dinas KUKMP melakukan pendampingan kepada para pelaku UMKM baik pendampingan peningkatan produksi, SDM, peningkatan kelembagaan, dan peningkatan pemasaran.

Ratusan pengunjung rela berdesak-desakan untuk berebut aneka makanan di gunungan

“Kami berharap para pelaku UMKM  terus semangat dalam berinovasi dan semoga produk-produknya dapat meningkatkan pendapat masyarakat dan khususnya bagi para pelaku UMKM,” harap Gatot.

Sementara itu Ketua Forum UMKM Kabupaten Purworejo Dr Hesti Respatiningsih, SE, M.Par mengatakan, rangkaian hari UMKM ke-8 ini bertujuan bussines matching atau mempertemukan para pelaku UMKM dengan para pelaku usaha yang lain.

Harapanya ke depan agar bisa bekerja sama untuk meningkatkan kapasitas UMKM pada aspek pemasaran yang di bantu oleh grabmart. Dari segi permodalan juga dibantu dari bank pemerintah. 

Menurutya, UMKM ke depan bisa semakin meningkat secara kapasitas, baik dari segi perijinan, kualitas produk.

“Kami juga akan memetakan UMKM-UMKM unggulan sehingga nantinya mereka siap untuk diekspor ataupun memasuki pasar global,” tandasnya.

Untuk permodalan pihaknya akan menjalin kerja sama yang sinergis dengan beberapa pihak baik itu perbankan ataupun lembaga keuangan lain yang ada di Kabupaten Purworejo. 

Ketua penyelenggara Antok menjelaskan, kegiatan Grebek Gunungan ini dihadiri sekitar seribu warga masyarakat. Grebeg Gunungan menampilkan produk-produk unggulan UMKM dari Kabupaten Purworejo, yang akan diberikan kepada masyarakat dengan cara digrebeg.  

Selain itu juga ada  lomba tumpeng yang diikuti 16 Forum UMKM Kecamatan yang menampikan keberagaman produk-produk UMKM yang ada di Kabupaten Purworejo dan tumpeng yang disediakan juga dibuat dengan 16 warna yang berbeda. Ditampilkan juga beberapa jenis kesenian seperti dolalak, gejok lesung dan musik akustik. (Nas)

Tinggalkan Komentar