Kekeringan di Bagelen, Desa Hargorojo Dipasok 2 Tangki Air Bersih dari BPBD

BAGELEN, Warga RT 2 RW 1 Dusun Plarangan dan RT 2 RW 2 Dusun Sikuning, Desa Hargorojo, Kecamatan Bagelen, Selasa (16/7) sore menerima droping air bersih sebanyak dua tangki dari BPBD Kabupaten Purworejo. Itu merupakan pasokan air bersih yang kesekian kalinya setelah desa itu dilanda kekeringan sejak memasuki musim kemarau beberapa bulan lalu.
Kedatangan tangki berisi 5.000 liter air bersih itu disambut gembira oleh warga yang sudah menunggu sejak siang hari.

Pasokan air bersih itu langsung ditampung di bak penampungan yang terbuat dari terpal, tempat yang biasanya digunakan untuk menampung air dari sumber air pegunungan setempat.

Kepala Desa Hargorojo, Nuryanto, SH menjelaskan, dari lima dusun yang ada di Desa Hargorojo, sudah ada tiga dusun yang kekurangan air bersih. Yaitu Dusun Plarangan, Sikuning, dan Ngargo. Pihak desa sudah berkoordinasi dengan PMI dan BPBD untuk pengajuan kebutuhan air bersih.

“Tiga hari yang lalu sudah ada dua kali droping di RT 02 RW 1 Plarangan,”ujarnya, Selasa (16/7).

Nuryanto berharap droping air ke desanya berjalan lancar sehingga kebutuhan air bersih warganya bisa tercukupi. Sebab, sumber air pegunungan yang jadi andalan penduduk Desa Hargorojo kini tidak menjangkau seluruh dusun karena debitnya menurun.

“Sebenarnya sudah ada Pansimas di Dusun Setoyo, Curug, Sikunin dan Plarangan.Tapi tahun ini masih proses uji coba,”jelasnya.
Diungkapkan, ke depan akan dibuatkan bak penampung dari mata air yang ada di daerah atas lalu dialirkan rumah-rumah warga. Program itu diharapkan mampu mencukupi kebutuhan air bersih seluruh warga. (W)

Tinggalkan Komentar