Kecamatan Kaligesing Borong Penghargaan Desa Wisata Terbaik 2022

PURWOREJO, Kecamatan Kaligesing memborong empat dari lima penghargaan Desa Wisata Terbaik tahun 2022 yang diberikan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Porapar) Kabupaten Purworejo. Dari desa wisata terbaik satu hingga harapan 1 semuanya dimenangkan oleh desa wisata dari Kecamatan Kaligesing. Hanya harapan 2 dari Desa Karangrejo, Kutoarjo.

Penghargaan diberikan oleh Kepala Dinporapar Kabupaten Purworejo Stephanus Aan Isa Nugroho dalam acara Gelar Pokdarwis 2022 yang berlangsung di Ganeca Convention Hall, Selasa (25/10).

Desa Wisata Somongari dinobatkan sebagai Desa Wisata Terbaik 2022. Sementara terbaik 2, 3, harapan 1 dan harapan 2 yakni Desa Wisata Tlogoguwo, Pandanrejo, Kakigono dan Karangrejo.

Launching program Dolan Purworejo dan Ayo Dolan Nang Seplawan

Selain desa wisata terbaik, Dinporapar juga menganugerahkan lima penghargaan lain, meliputi Uji Paket Wisata Terbaik (Desa Wisata Pandanrejo), Daya Tarik Wisata Terbaik (Desa Wisata Tlogoguwo), Pemandu Wisata Terbaik (Desa Wisata Tunjungan), Inovasi Kuliner Terbaik (Desa Wisata Somongari) dan Atraksi Seni Budaya Terbaik (Desa Bagelen).

Aan yang mewakili Bupati mengungkapkan, saat ini Purworejo memiliki 53 desa wisata yang siap menghadapi ledakan pengunjung di 2024 mendatang.

“Pesan Pak Bupati, kita tidak banyak waktu lagi. Kita hanya punya waktu dua tahun. Tahun 2024 semua ekosistem pariwisata akan kembali normal. Hari ini frekuensi penumpang di bandara YIA sudah mencapai 7.000 penumpang perhari,” tandas Aan.

Menurut Aan, di tahun 2024 diperkirakan frekuensinya meningkat jadi 5 – 7 juta penumpang. Jumlah itu akan menyebar ke daerah-daerah termasuk Purworejo.

“Desa-desa harus siap menerima kunjungan wisata. Masyarakat juga harus mulai menyiapkan sesuatu,” pungkasnya. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *