KBM Kembali 100 %, Kantin Sekolah Dibuka Lagi

PURWOREJO, Sistem pembelajaran online selama masa pandemi Covid-19 membawa dampak ditutupnya semua kantin sekolah. Kini, di tahun ajaran baru, seiring dengan mulai diberlakukannya kegiatan belajar mengajar (KBM) 100% dengan sistem tatap muka, kantin sekolah kembali dibuka untuk melayani siswa dan guru.

Seperti di SDN Pangengudang, pasca pandemi kantin sekolah akan buka kembali pada tahun ajaran ini. Itupun baru akan dibuka setelah dua minggu siswa masuk sekolah. Nantinya yang menyediakan aneka jajanan dan minuman serta pengelola kantin adalah guru.

“Hal itu supaya jajanan yang dijual dapat dipantau dan lebih higienis ,” kata guru SDN Pangengudang, Sari Suwarto saat dihubungi Purworejo News, Jumat (8/7).

Beberapa sekolah pun ada yang menata atau merenovasi tempat kantin terlebih dahulu sebelum siap dipakai kembali. Seperti di SMPN 2 dan SMPN 18. “Kantin di sekolah akan ditata dulu karena banyak yang rusak,” kata Kepala SMPN 18 Teguh Prayitno saat dihubungi.

Selain itu ada juga sekolah yang sudah siap membuka kantinnya mulai Senin depan. Misalnya SMPN 3, SMPN 10, dan SMPN 33.

Kantin di SMPN 1, sudah buka sejak Maret lalu

Meski begitu ada juga sekolah yang sudah membuka kantinnya sejak pemberlakuan SKB  empat menteri, yakni sekitar bulan Maret lalu. Diantaranya SMPN 1 dan SMPN 4. Demikian pula SMAN 1.

Pembukaan kembali kantin sekolah membawa angin segar bagi para pemilik kantin yang sempat vakum selama tiga tahun akibat dihantam badai pandemi Covid-19.

Mereka menyambut gembira karena kantin sekolah menjadi sumber penghasilan yang bisa diandalkan. Seperti disampaikan oleh Titik (50) yang mengelola kantin di SMPN 33.

“Alhamdulillah, senang banget bisa mulai berjualan di kantin sekolah lagi. Hasilnya bisa dijagake,” kata Titik sumringah. Hal senada diungkapkan oleh Tri (60) yang semula mengelola kantin di SMAN 1.

Menurutnya penghasilan dari kantin sekolah cukup aduhai karena bisa untuk biaya hidup sehari-hari. Itulah sebabnya dibukanya kembali kantin sekolah sangat ditunggu oleh mereka yang menggantungkan hidup dari sana. (Dia)

Tinggalkan Komentar