Karnaval Agustusan Kelurahan Baledono: Meriah, Mewah dan Spektakuler

PURWOREJO, Warga Kelurahan Baledono, Kecamatan Purworejo, kembali menggelar karnaval jalan kaki dalam rangka memeriahkan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI, Minggu (25/8) pagi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, meski hanya tingkat kelurahan, tapi meriahnya tak kalah dengan karnaval tingkat kabupaten. Ribuan warga memenuhi jalan di sepanjang rute yang dilalui barisan karnaval yang tergolong mewah itu.

Peserta mengenakan aneka kostum, dari pakaian adat, ala suku di Papua, hingga kostum para hero seperti ultramen, dan tidak ketinggalan dandanan lucu. Bahkan ada barisan karnival yang tak kalah dari pawai karnival tingkat kabupaten. Hu

Pawai yang dimulai dari depan Kantor Kelurahan Baledono itu cukup menghibur ribuan warga Kota Purworejo.

Menurut Ketua Panitia Agustusan Kelurahan Baledono, Saiun, pelaksanaan karnaval tersebut diikuti ribuan warga Kelurahan Baledono.

“Jumlah RW kami ada sepuluh. Masing-masing RW mengeluarkan peserta 300 orang. Belum lagi beberapa organisasi yang ikut bergabung memeriahkan karnaval ini,” kata Saiun.

Seorang pengurus karang taruna setempat, mengatakan, tema dari karnaval tahun ini adalah SDM Unggul Indonesia Maju.

“Kami ingin menunjukkan kepada Pemkab Purworejo apa itu tontonan rakyat. Beberapa tahun terakhir ini karnaval yang diselenggarakan Pemkab Purworejo kurang menarik dan terkesan sekedar menghibur pejabat, bukan rakyat,”jelasnya.

Dari pantauan, pawai karnaval tersebut diikuti juga oleh anak-anak sampai orang dewasa. Mereka tampak bersemangat dan bersuka cita. Meski rute yang ditempuh lumayan jauh.

Ruas-ruas jalan di kawasan Pecinan dan Pasar Baledono dipenuhi ribuan warga yang ingin menyaksikan karnaval itu. Sejumlah petugas kepolisian pun diturunkan untuk memberikan pengamanan arus lalu lintas. (W5)

Tinggalkan Komentar