Kampung KB Candisari Jadi Percontohan di Tingkat Jateng

BANYUURIP, Kampung KB Kencanasari Desa Candisari, Kecamatan Banyuurip, dilaunching sebagai Kampung KB percontohan Provinsi Jawa Tengah, Jumat (14/6) lalu. Launching yang berlangsung di RW 1 Desa Candisari itu, dilakukan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Hj Fatimah Verena Prihastyari, didampingi Kabid Advokasi Data Penggerakan dan Informasi pada Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Rustamadi, SH, MM.
Launching dihadiri pula Kepala Dinsosdukkbpppa Kabupaten Purworejo dr Kuswantoro, M.Kes, Kepala Dinas Kominfo Drs Sigit Budi Mulyanto, MM, Kepala Dinas KUKMP Gandi Budi Supriyanto SSos, Camat Banyuurip Triwahyuni Wulansari , AP MAP, Kades Candisari Supranggono, dan sejumlah dinas instansi terkait.

Dalam sambutannya Rustamadi mengatakan, launching ini merupakan yang pertama di Jawa Tengah, karena Kabupaten Purworejo masuk tiga besar dalam pelaksanaan program Kampung KB Kencanasari. Dengan harapan bisa menyaingi kabupaten-kabupaten lain, agar Kampung KB ini dapat berinovasi.
“Tahun ini yang diikutkan penilaian di tingkat nasional yakni Kabupaten Cilacap. Apabila Purworejo bagus maka tahun depan akan kami majukan di tingkat nasional,” jelasnya.

Dengan dilaunching, kata Rustamadi, harapannya agar OPD terkait mendukung program kampung KB, karena integrasi lintas sektoral dan juga swasta sangat dibutuhkan untuk kesuksesan. Program Kampung KB sekaligus merupakan program Nawacita ketiga untuk majukan daerah pinggiran.

“Kampung KB percontohan ini untuk bisa dicontoh yang lain. Bisa dalam satu kecamatan dulu, lalu kecamatan-kecamatan lain, supaya saling mengenal budaya dan adat masing-masing. Jika ada studi banding dari luar Kabupaten Purworejo ke Kampung KB Candisari, jangan meninggalkan budaya. Juga agar menyuguhkan hasil UPPKS sehingga dapat dipasarkan produk-produknya,” ujarnya.
Dikatakan, kriteria kampung KB antara lain ada integrasi lintas sektor dan swasta, giat dalam meningkatkan gotong-royong, juga kampung yang awalnya rawan menjadi kampung yang baik dan ada peningkatan kesejahteraan.

Program kampun KB bukan hanya BKKBN tapi semua OPD dan masyarakat. Karena membangun daerah pinggiran yang terisolir menjadi setara dengan daerah-daerah lain.
Sementara itu dr Kuswantoro mengatakan, Desa Candisari menjadi salah satu kampung KB percontohan atau Centre of Excellence (COE) di tingkat Kabupaten Purworejo maupun di Provinsi Jawa Tengah, dari 40 kampung KB yang telah dicanangkan di kabupaten Purworejo dan 1.200 Kampung KB se Provinsi Jawa Tengah.
Harapannya setelah dilaunching dapat meningkatkan semua kegiatan baik melalui poktan poktan seperti BKB BKR BKL UPPKS POSYANDU KWT, UKM, dan lainnya yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
“Setelah dilaunching, diharapkan muncul potensi unggulan yang dimiliki oleh kampung KB Kencana Sari dibanding dengan kampung KB yang lain. Juga supaya dapat memberikan contoh kepada Kampung KB yang lain,” jelasnya. (A)

Tinggalkan Komentar