Kadindikpora Resmikan Hari Jadi dan Gapura Utama SMPN 12

KUTOARJO, SMP Negeri 12 Purworejo menggelar acara peresmian hari jadi sekolah sekaligus bangunan gapura utama sekolah tersebut, Rabu (17/2). Peresmian dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Purworejo, Sukmo Widi Harwanto, SH, MM ditandai dengan penandatanganan prasasti, pemotongan tumpeng dan juga pemotongan pita. 

Turut hadir Ketua PGRI Purworejo Irianto Gunawan, S.Pd jajaran Muspika Kecamatan Kutoarjo, ketua dan pengurus MKKS Purworejo, serta kepala sekolah negeri dan swasta Kabupaten Purworejo.

Selain meresmikan hari jadi sekolah dan gapura utama, SMPN 12 Purworejo juga melaunching Grup Hadroh Nazma Rolas dan Grup Marching Band Bahana Swara Sependalas.

Kepala SMPN 12 Hidayat Nurhamid, M.Pd

Dalam sambutannya, Kepala SMPN 12 Purworejo Hidayat Nurhamid, M.Pd menguraikan perjalanan panjang dan history dari SMP N 12 Purworejo. 

“Secara history, sekolah ini merupakan metamorfosis dari sekolah kejuruan”, jelas Hidayat. 

Berdasarkan SK Mendidkbud No. 008 f/U/1975 yang diterbitkan di Jakarta,  pergantian nama dari Sekolah Teknik I Kutoarjo menjadi SMPN 4 (Transisi) Kutoarjo tertanggal 17 Januari 1975.

Peresmian gapura utama

“Dasar inilah yang menjadi cikal bakal penetapan hari jadi SMP N 12 Purworejo ini,” tambah Hidayat. 

Kemudian pada SK Bupati No 188.4/1041/2021 pada tanggal 26 September 2001 terjadi perubahan nama, dari SLTP Negeri 4 Purworejo menjadi SLTP Negeri 12 Purworejo, dan baru menjadi SMPN 12 Purworejo pada 17 Februari tahun 2004.

Sementara itu, Kepala Dindikpora Kabupaten Purworejo Sukmo Widi Harwanto menyampaikan apresiasinya kepada SMP N 12 Purworejo atas upaya yang dilakukan, dan berharap apa yang sudah diusahakan dapat lebih berkembang dan sesuai dengan yang diharapkan.

Pemotongan tumpeng menandai ditetapkanya 17 Januari sebagai hari jadi SMPN 12

Tidak hanya peresmian hadi jadi sekolah, SMP N 12 juga melaunching Paguyuban Alumni Paguyuban Ketupat 12. 

Menurut Hidayat, peran alumni dalam upaya memajukan sekolah sangat besar. Untuk itu, alumni SMPN 12 Purworejo mengukir karya monumental dalam bentuk gapura bertuliskan Gapura Utama SMPN 12 Purworejo. 

“Mudah-mudahan dengan adanya paguyuban alumni ini dapat menambah motivasi bagi adik kelasnya untuk semakin berprestasi dalam upaya menjadi Bintang yang Cemerlang melalui grup hadroh Nazma Rolas dan grup Marching Band Bahana Swara Spendalas,” ungkap Hidayat. (AR)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *