Kader PKK Desa/Kelurahan Ikuti Lomba Busana Berbahan Ecoprint

PURWOREJO, Bagaikan peragawati dan peragawan, pengurus Tim Penggerak (TP) PKK kabupaten dan kader TP PKK desa/kelurahan berlenggak lenggok di atas catwalk memperagakan busana casual batik ecoprint. Diawali oleh Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Fatimah Verena Prihastyari, SE, disusul Wakil Ketua Dra Erna Setyowati dan sejumlah pengurus, dengan mengitari panggung memamerkan batik motif alam itu.
Peragaan yang dikemas dalam Lomba Busana Casual Batik Berbahan Ecoprint tersebut, digelar di Pendopo kabupaten, Selasa (6/8). Lomba dikhususkan bagi kader TP PKK desa yang mayoritas istri kepala desa/kelurahan, memperagakan hasil karya sendiri dalam berkreasi membatik ecoprint.
Dengan diiringi musik tiap peserta bak peragawati dan peragawan profesional yang menampilkan kebolehannya, dengan gayanya dari mulai mengibaskan pakaian, topi, berkaca mata hitam, hingga melambaikan tangan.
Fatimah Verena Prihastyari mengapresiasi lomba busana casual batik berbahan ecoprint itu. Dia juga berharap, even itu dapat mendorong kader PKK desa/kelurahan untuk mencintai hasil karya sendiri. Juga dapat dikembangkan sebagai peluang usaha untuk meningkatkan perekonomian baik keluarga maupun kelompok.

Bentuk dukungannya, kata Fatimah, bisa dengan mengembangkan inovasi batik ecoprint, mengolah potensi unggulan desa yakni kerajinan souvenir, olahan makanan ringan atau sejenisnya, dan potensi wisata. Lalu didukung dengan promosi melalui leaflet, media sosial, maupun media cetak/elektronik.
“Arahnya untuk kesejahteraan masyarakat seperti yang diprogramkan pemerintah,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Penyelenggara Sri Bandu Sunardi menjelaskan, peserta lomba sebanyak 41 orang dari kader TP PKK desa merah (miskin) dan ketua TP PKK desa/kelurahan. Peserta lomba juga sekaligus merupakan peserta pelatihan ecoprint pada awal Juli lalu, sehingga saat ini memamerkan hasilnya untuk dinilai.

“Lomba bertujuan agar dapat menambah pengrajin sandang berbasis sumber daya alam dan dapat membuka wacana serta wawasan untuk masa depan,” jelas Sri Bandu.

Menurut Rahyuning Roeswardjito, Ketua Tim Yuri, mengatakan, kriteria penilaian meliputi keserasian busana, teknik gaya, keberanian, dan lain-lain. Hasil lomba yaitu, juara I Ketua TP PKK Kelurahan Purworejo, juara II kader PKK desa Sambeng, juara III Ketua TP PKK Desa Jenarwetan. Disusul juara harapan I Ketua TP PKK Desa Nambangan, harapan II Desa Suren Kutoarjo, dan harapan III Ketua TP PKK Desa Pituruh. (A)

Tinggalkan Komentar