Jumlah Kecelakaan Lalin Masih Tinggi, Polres Purworejo Gelar Operasi Zebra Candi

PURWOREJO, Jumlah kecelakaan lalu lintas (lalin) di Purworejo masih terbilang tinggi.  Pada tahun 2021 dalam Operasi Zebra Candi  (OZC) 2021 ada 605 kejadian laka lalin. Angka tersebut mengalami kenaikan 225 kejadian atau 59% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni sebanyak 380 laka lalin.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Waka Polres Purworejo Kompol Aldino Agus Anggoro dalam apel gelar pasukan Operasi Zebra Candi 2022 di halaman mapolres Senin (3/10).

Waka polres menambahkan, jumlah korban meninggal dunia pada OZC tahun 2021 sebanyak 31 orang. “Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebanyak lima orang atau 19% dibanding tahun 2020 sebanyak 26 orang,” katanya.

Gelar ops candi tahun 2022

OZC tahun 2022 ini akan dilaksanakan selama 14 hari dimulai sejak tanggal 3 hingga 16 Oktober dengan melibatkan 58 personel Polres Purworejo. Adapun pelaksanaan OZC ditandai dengan penyematan pita tanda OZC tahun 2022.

Lebih lanjut Aldino mengatakan, pelaksanaan operasi Tahun 2022 tidak berorientasi pada penegakan hukum lantas atau tilang. Seluruh kegiatan mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif.

Meski begitu dijelaskan, beberapa jenis pelanggaran lalin yang akan ditindak, diantaranya menggunakan HP saat berkendara, pengemudi atau pengendara di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, melebihi batas kecepatan, serta melawan arus lalin.

“Dengan adanya OZC diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang tertib dan patuh hukum dalam berlalu lintas. Petugas pun dapat melaksanakan tugas dengan professional, bermoral dan humanis dengan cara senyum sapa salam namun tegas dalam tindakan kepolisian,” pungkasnya. (Dia)

Tinggalkan Komentar