Jelang Ramadhan dan Ujian Sekolah, Siswa SD Al Madina Ziarah ke Makam Ulama

PURWOREJO, Menjelang Puasa Ramadhan tahun 1443 H, puluhan siswa kelas 6 SD Al Madina Purworejo mengadakan Ziarah Makam Aulia di Kabupaten Purworejo pada Sabtu, (10/4). Didampingi guru dan Kepala SD Al Madina Drs. H. Fatkhurohman, MM, ke-35 siswa itu melakukan ziarah kelima makam aulia di tiga tempat.

Makam yang diziarahi yakni Syekh Sayyidin Arrofi’i di Ngloning Kecamatan Kemiri, Kyai H. Zarkasi, Kyai H.Nawawi, Cokronegoro I (ketiganya terletak di Desa Bulus, Kecamatan Gebang), makam Kyai H.Imam Maghfuro dan makam Dr Tjitrowardojo di Kelurahan Baledono Kecamatan Purworejo.

Para siswa terlihat khusyu mengikuti acara yang juga dirangkai dengan mujahadah tersebut. Sebagian besar siswa mengaku baru pertama kali mengikuti ziarah ke makam aulia. Seperti pengakuan Farras, siswa kelas 6B. Menurut Farras, dirinya senang bisa mengikuti acara ziarah yang diadakan sekolahnya. “Bisa menambah pengetahuan dan pengalaman,” ujarnya polos.

Drs. H. Fatkhurohman, MM

Kepala SD Al Madina Drs. H. Fathurohman, MM menyampaikan, ziarah dilakukan selain untuk mendoakan para pejuang agama di Purworejo juga diniatkan sebagai ajang mengenalkan siswa terhadap para pejuang agama yang ada di lingkungan Purworejo.

Disamping itu juga, menurut Faturohman, ziarah dilakukan sebagai sarana membersihkan diri menjelang Ramadhan. “Terlebih siswa kelas 6 akan menempuh assesmen atau ujian akhir sehingga kami bermujahadah dan berdoa bersama untuk kelancaran bersama,” ungkap Fatkhur.

Melalui kegiatan tersebut Fatkhurohman berharap para siswa dapat lebih mengenal tokoh agama di Purworejo dan dapat meneladani perjuangannya sehingga mereka menjadi generasi yang soleh dan bermanfaat. (Dia)

Tinggalkan Komentar