Jelang Peringatan Hari Jadi, Plh Bupati Ziarah ke Makam RAA Cokronegoro I, II, III dan IV

GEBANG, Jelang peringatan Hari Jadi ke-190 Kabupaten Purworejo Sabtu 27 Februari mendatang, Pelaksana Harian (Plh) Bupati Purworejo Drs Said Romadhon beserta jajaran Pemkab Purworejo ziarah ke makam-makam Bupati Purworejo, Selasa (23/2). Ziarah ke makam pendiri kabupaten Purworejo itu merupakan ritual rutin tiap tahun.

Makam yang diziarahi yaitu makam Bupati I RAA Tjokronegoro I, makam RAA Tjokronegoro III dan Tjokronegoro IV di Desa Bulus Kecamatan Gebang. Ziarah dilanjutkan ke makam Tjokronegoro II di kompleks Makam Kayu Lawang di Kelurahan Mudal, Kecamatan Purworejo. 

Sebelum ziarah ke makam Bulus dan Kayu Lawang, Plh Bupati dan rombongan terlebih dahulu ke makam Raden Singowijoyo atau ayah Bupati Purworejo pertama RAA Tjokronegoro I di Desa Bragolan, Kecamatan Purwodadi.

Tabur bunga di makam RAA Cokronegoro I

Plh Bupati Drs Said Romadhon usai prosesi ziarah mengatakan, ziarah ini dimaksudkan untuk mendoakan, sekaligus mengenang jasa-jasa para pendahulu yang telah berjasa atas berdirinya Kabupaten Purworejo. 

Kegiatan ziarah ke tiga makam ini juga merupakan refleksi dari perjalanan panjang Kabupaten Purworejo, dari terbentuknya Kabupaten Purworejo hingga saat ini memasuki usia ke 190.

“Kita mendoakan almarhum, kemudian kita juga introspeksi diri bahwa perjuangan untuk Purworejo sudah cukup panjang hingga berusia 190. Harapan kedepan Purworejo terus melaju dan maju terus, setara dengan daerah lainnya untuk kemakmuran bersama masyarakat Purworejo,” kata Said.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Agung Wibowo, AP menerangkan, kegiatan ziarah ini merupakan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi ke-190 Kabupaten Purworejo. Rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Purworejo tetap dilaksakaan meskipun secara sederhana.

Tabur bunga di makam Cokronegoro IV

“Hanya kegiatan-kegiatan pokok saja yang kita laksanakan. Yakni, prosesi ziarah ke tiga makam di Bragolan, Bulus dan Kayulawang. Puncaknya Pengetan Jumenengan pada tanggal (27/2) dilaksanakan secara terbatas, namun kita siarkan secara live streaming dari cannel youtube Romansa Purworejo Indonesia,” terang Agung.

Kegiatan parade budaya juga tetap diselenggarakan meskipun secara visual yang akan mulai ditayangkan mulai tanggal 1-4 Maret. Sebelumnya, pengambilan video parade budaya telah dilaksanakan sesuai protokol kesehatan.

“Dengan hari ulang tahun ke-190 Kabupaten Purworejo ini, pandemi Covid-19 segera sirna dari Purworejo dan masyarakat Purworejo tambah sejahtera dan Purworejo semakin mulyo,” imbuh Agung. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *