Jelang 1 Muharam, Bagian Kesra Setda Gelar Simaan Alquran 30 Juz

PURWOREJO, Menjelang Tahun Baru 1 Muharam 1444 Hijriyah, Bagian Kesra Setda Purworejo menggelar simaan Alquran atau hafalan Alquran 30 juz, di pendopo kabupaten, Jumat (29/7). Simaan Alquran dibuka oleh Kabag Kesra Setda Drs Fatkhurohman, MM mewakili Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM.

Penghafal Alquran dilakukan empat orang hafid/hafidhoh dari pondok pesantren. 

Fathurohman mengatakan, simaan Alquran ini dalam rangka menyongsong tahun baru hijriyah. Harapannya melalui mujahadah,  agar dengan barokah bacaan Alquran 30 juz mohon kepada Allah SWT, tahun 1444 Hijriyah Kabupaten Purworejo selalu diberikan, keamanan, kenyamanan, kondusif. Juga semangat membangun menuju Purworejo Mulyo dan berdaya saing.

Dikatakan, pergantian tahun hijriyah ditandai dengan terbenamnya matahari dari 1443 Hijriyah ke 1444 Hijriyah.

“Nanti akan dilaksanakan doa bersama di pendopo yang akan dihadiri Bapak Bupati, Ibu Wakil Bupati, Bapak Sekda, semua OPD, ulama, Kemenag serta instansi terkait, dan Ormas Islam. Nanti akan dilaksankan doa akhir tahun 1443 Hijriyah dilanjutkan sholat magrib berjamaah. Kemudian dilanjutkan doa awal tahun 1444,” jelas Faturohman.

Menurutnya, kegiatan doa bersama tersebut merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Namun dalam dua tahun terakhir dipending karena pandemi covid-19. Untuk tahun ini dilaksanakan tetapi tetap melakukan prokes, sehingga masih dengan pembatasan. (Nas)

Tinggalkan Komentar