Jaring Atlet Hingga Pelosok, KONI Purworejo Lantik Koordinator Olah Raga Kecamatan

PURWOREJO, Sebagai upaya menjaring atlet hingga pelosok wilayah kabupaten Purworejo, KONI membentuk Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK) yang berasal dari 16 kecamatan. Para pengurus KOK masa bakti tahun 2022-2025 yang beranggotakan tiga orang di tiap kecamatan itu dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua KONI Kabupaten Purworejo Sumaryanto, Selasa (26/7).

Selain Wakil Bupati Yuli Hastuti, Ketua DPRD Dion Agassi, Kabid Pemuda dan Olah Raga Dinporapar Martinho Dos Santos, jajaran pengurus KONI juga turut hadir dalam acara yang diadakan di Gedung KPKN tersebut.

Ketua KONI Sumaryanto menjelaskan, KOK dibentuk sebagai upaya penjaringan atlet berprestasi terutama yang berada di pelosok.
“Tanpa ada KOK akan sulit mendata atlet terutama yang ada di pelosok,” ucapnya.

Sumaryanto menambahkan, program KOK sebenarnya sudah disosialisasikan sejak tahun 2020. Tapi karena terhalang pandemi, acara baru bisa direalisasikan saat ini. 

Wabup saat menyematkan pin kepada perwakilan pengurus KOK

Menurutnya, di Jawa Tengah baru 10% daerah yang sudah membentuk KOK, termasuk Purworejo. Melalui KOK, lanjutnya, akan memudahkan koordinasi di tingkat kecamatan.

Adapun wabup Yuli Hastuti dalam acara itu menyampaikan, pemerintah tidak ingin lagi memperoleh prestasi dengan cara yang selama ini dilakukan yakni menemukan atlet tanpa didesain dan tidak ada generasi penerusnya.

“Dengan dibentuknya KOK, kita semua berharap pembinaan atlet di 16 kecamatan di Kabupaten Purworejo dapat berjalan secara menyeluruh. KOK diharapkan mampu menggali potensi atlet yang berada di wilayahnya melalui koordinasi dengan KONI ” kata wabup.

Peran KOK, menurut Wabup, menjadi lebih strategis karena banyaknya agenda olahraga besar yang terjadwal di tahun 2022, baik di level kabupaten maupun provinsi. Semuanya merupakan bagian dari persiapan gelaran PON XXI Tahun 2024 di Sumatera Utara dan Aceh.

“KONI harus melakukan lompatan strategis untuk meraih prestasi, memiliki ide-ide segar, inovatif dan peduli terhadap upaya memajukan dunia olahraga,” pungkas Yuli Hastuti. (Dia)

Tinggalkan Komentar