Jalan Sehat Massal Puncaki Peringatan Hari Keluarga dan Hari Anak Nasional

BANYUURIP, Ribuan peserta mengikuti jalan sehat yang digelar oleh Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsosdukkbpppa) Kabupaten Purworejo, Selasa (23/7).

Kegiatan jalan sehat merupakan puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) dan Hari Anak Nasional (HAN) ke 26 tahun 2019 tingkat Kabupaten Purworejo yang dilangsungkan di lapangan Desa Banyuurip, Kecamatan Banyuurip. Peringatan Harganas dan HAN digelar bersamaan dengan kegiatan Bupati Saba Desa di desa tersebut.

Jalan sehat mengambil rute dari depan balai Desa Banyuurip kemudian menyusuri tempat-tempat petilasan Pangeran Joyo Kusumo seperti Perigi, sumur Beji, dan sumur pinatah. Dalam kegiatan tersebut disediakan ratusan doorprize seperti lemari es, sepeda dan lainya.

Kasi KIE Dinsosdukkbpppa, Made Sri Wardani menjelaskan, kegiatan juga diisi dengan penyerahan hadiah pemenang lomba dan pengukuhan Tim Koordinasi Pengembangan Kampung Keluarga Berencana di Kabupaten Purworejo.

“Tingkat kabupaten ada 12 kejuaraan dan tingkat provinsi dua kejuaraan. Untuk tingkat provinsi kita mendapat juara II Lomba Kampung KB yang diraih kampung KB Kencanasari Desa Candisari Kecamatan Banyuurip dan juara III lomba bakti sosial KB muslimat NU,” kata Made Sri Wardani, Selasa (23/7).

Diungkapkan, sebenarnya peringatan Harganas jatuh pada tanggal 29 Juni, namun karena untuk peringatan di tingkat kabupaten harus menunggu persetujuan dari pusat dan provinsi maka pelaksanaanya diagendakan bertepatan dengan kegiatan Bupati Saba Desa.

“Yang dibarengkan dengan kegiatan Bupati Saba Desa hanya puncaknya, untuk upacaranya sudah kita lakukan pada tanggal 29 Juni lalu,” imbuh Made.

Disebutkan, dengan peringatan Harganas ke 26 ini pihaknya berharap peserta KB terus meningkat dan tidak ada ledakan jumlah penduduk.

“Yang terpenting lagi KB lebih dikenal masyarakat dan masyarakat menyadari KB itu penting dan sesuai anjuran pemerintah serta slogan KB dua anak cukup,” pungkas Made. (W5)

Tinggalkan Komentar