Jaga Kantibmas, Selama Bulan Puasa Satpol PP Akan Lakukan Patroli

PURWOREJO, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Purworejo berencana melakukan patroli keamanan selama bulan Ramadhan. Patroli untuk menjaga ketertiban di masyarakat, agar bulan suci Ramadhan di Purworejo dapat dilalui dengan aman dan nyaman.
Hal itu ditegaskan Kepala Satpol PP Damkar Kabupaten Purworejo Budi Wibowo, S.Sos, M.Si pada pembinaan anggota kader siaga tramtib (KST) dan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas), di ruang Arahiwang Setda, Kamis (25/4).

Lebih lanjut Budi Wibowo mengatakan, dalam melakukan patroli nantinya akan melibatkan KST dan Linmas dari kecamatan, baik pada bulan suci Ramadan maupun setelah bulan Ramadan. Nantinya akan dibuat jadwal tugas patroli. Pelibatan KST dan Linmas sangat penting, mengingat personil Satpol PP yang terbatas.

“Maka sering terjadi ditertibkan di daerah sini, muncul lagi di tempat lain. Dengan memberdayakan KST dan Linmas, mudah-mudahan akan dapat memaksimalkan tugas di lapangan,” tuturnya.
Karena selama ini kata Budi, image di masyarakat Satpol PP sebagai tukang garuk pedagang kaki lima (PKL) masih melekat.
“Padahal petugas di lapangan dalam melakukan tugas sudah seperti yang saya sarankan yakni dengan selalu ramah dan tersenyum. Tapi tetap saja masyarakat kalau melihat kedatangan Satpol PP, sudah ketakutan. Meski demikian kami dalam mengamankan Perda akan terus berusaha humanis terhadap masyarakat, agar Humanis tidak hanya slogan,” jelas Budi.
Sementara itu ketua penyelenggara yang juga sebagai Kasi Bina Pengembangan kapasitas dan Sarana prasarana Suyatno, S.Sos melaporkan, peserta pembinaan sebanyak 72 orang KST dan 50 orang dari Linmas. Sedangkan jumlah anggota KST se kabupaten Purworejo sebanyak 1.179 orang, dan anggota Linmas sebanyak 5.853 orang. (Nas)

Tinggalkan Komentar