Jadi Juara Riset Daerah, Tim Peneliti STIE Rajawali Purworejo Kunjungi Mitra Petani Milenial

GEBANG, Tim peneliti STIE Rajawali melakukan kunjungan ke mitra penelitian Okane Mochi Farm Desa Aglik Kecamatan Gebang. Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan penelitian berjudul Kompilasi (Kompetensi dan literasi) sebagai Model Pengembangan Petani Milenial menuju Purworejo yang Berdaya Saing. Riset tersebut meraih Juara 3 Lomba Riset Daerah Kabupaten Purworejo Tingkat Jateng DIY Tahun 2022.

Selain tim peneliti STIE Rajawali, monitoring yang dilakukan pada Selasa (20/9) itu juga diikuti oleh tim monitoring Bapeda Litbang Kabupaten Purworejo, PPL pertanian Kecamatan Gebang, serta perangkat Desa Aglik.


Adapun tim riset STIE rajawali Purworejo diketuai Nur Siyami, SE.,M.Ak (Yami) dengan anggota Bambang Supoyo, SP, dan Muhammad Burhanudin, SE. Kepada Purworejo News Yami menjelaskan, Okane Mochi Farm yang dijadikan mitra penelitian bergerak di bidang pengolah dan penjual susu kambing perah sapera.

“Kambing sapera merupakan perkawinan silang antara kambing sanen dan kambing peranakan etawa,” terang Yami. Adapun Okane Mochi Farm, lanjutnya, dikelola oleh petani milenial Suprayitno, seorang pemuda asli Desa Aglik yang pernah magang di Jepang.

Tim riset di peternakan kambing Desa Aglik

Kunjungan tersebut, menurut Yami, dilakukan untuk menggali informasi dari mitra. Termasuk kendala yang dihadapi serta apa yang dibutuhkan mitra untuk pengembangan model penelitian khususnya bagi petani milenial di Kabupaten purworejo.

“Riset dilakukan mulai 1 Juli hingga akhir September ini dengan dibiayai oleh pemkab Purworejo senilai Rp 15 juta,” ucapnya.

Yami menambahkan, riset tersebut selain menghasilkan artikel ilmiah juga berupa policy brief yang akan dijadikan bahan menentukan arah dan kebijakan bagi pemerintah atau dinas pertanian di Kabupaten Purworejo. (Dia)

Tinggalkan Komentar