Informasi Vaksinasi Astra Zeneca di RSUD Dr Tjitrowardojo Hoaks

PURWOREJO, Informasi Form Pendaftaran Vaksinasi Astra Zeneca untuk masyarakat umum usia 18-40 tahun di RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo yang beredar Selasa 10 Agustus 2021 adalah hoaks. Pernyataan itu disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Purworejo Stephanus Aan Isa Nugroho, S.STP, M.Si, Rabu (11/8).

Aan menyebutkan, kabar hoaks itu telah tersebar di masyarakat melalui media sosial berupa Link Pendaftaran yakni https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScgOGBKL3Qbt71teNMV2cgvxvB2_WbOTiJ2bTsAanSDyhudew/viewform.

“Berdasarkan klarifikasi dari Humas RSUD Tjitrowardojo, Leli Dewi Pramudyani, SKM. MM, link tersebut tidak benar dan bukan berasal dari RSUD,” kata Aan kepada Purworejo News pada Rabu (11/8) siang.

Stephanus Aan Isa Nugroho

Dalami link pendaftaran diminta data pribadi seperti nama, NIK, nomor telepon, dan alamat rumah yang dimungkinkan dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Aan juga mengutip pernyataan dari
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, dr Sudarmi, MM yang menyatakan bahwa vaksin Astra Zeneca pada Selasa, 10 Agustus 2021 diarahkan di RSUD Dr Tjitrowardojo sebanyak 100 kuota dan RSUD RAA Tjokronegoro 50 kuota.

“Link resmi pendaftaran yang dibuat oleh RSUD sudah tercukupi dan telah ditutup beberapa hari yang lalu,” kata Lely yang disampaikan Aan.

Form yang hoax

Dirinya berpesan, apabila masih beredar link serupa, mohon masyarakat hati-hati dan tidak melakukan pengisian data di link tersebut. Jangan mudah percaya pada kabar yang belum jelas sumber dan isinya.

“Apabila masyarakat membutuhkan kejelasan informasi, dapat menghubungi layanan WA 0821 4027 3000, instagram dinkominfopwr, FB dinkominfopwr, dengan menyertakan tangkap layar informasi yang akan diklarifikasi” tandasnya. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *