Beranda » Tingkatkan Kualitas Guru dan Tendik, SD KUB Muhammadiyah Purworejo Gelar Baitul Arqam di Awal Tahun Hijriah

Tingkatkan Kualitas Guru dan Tendik, SD KUB Muhammadiyah Purworejo Gelar Baitul Arqam di Awal Tahun Hijriah

PURWOREJO, Sebanyak 21 guru dan tenaga kependidikan (tendik) di SDKUB Muhammadiyah Purworejo mengikuti Baitul Arqam (BA). Kegiatan yang diselenggarakan di sekolah yang beralamat di Jalan Brigjen Katamso Kelurahan Pangenrejo Purworejo itu dihelat selama dua hari yakni Senin-Selasa (8-9/7).

Kepala SDKUB Muhammadiyah Eko Nurrahmad kepada Purworejo News menjelaskan, 21 peserta BA itu terdiri atas 12 guru dan wali kelas, enam guru ngaji, dan tiga tendik. “Baitul Arqam ini mengambil tema membangun Amal Usaha Muhammadiyah yang berkualitas. Ini merupakan upaya untuk meningkatkan kapasitas guru dan persiapan mengahadapi tahun ajaran 2024-2025,” jelas Eko, Selasa (9/7) petang.

Ditambahkannya, materi BA meliputi Keislaman, Kemuhammadiyahan serta pemantapan akidah guru. Juga tentang membangun sekolah yang berkualitas. Para pemateri berasal dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) yakni Ketua H. Pujiono dan pengurus lainnya.

Termasuk ketua komite serta Wakil Ketua Bidang Pendidikan Ahmad Darusman. “Kegiatan ini merupakan kerjasama SDKUB dengan Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani PDM sebagai instrukturnya,” imbuh Eko.

Para peserta pun menginap di sekolah. Selain mengikuti kegiatan sampai malam hari, mereka juga melakukan sholat tahajud, dilanjutkan dengan kajian ayat Al Qur’an dan sholat subuh berjamaah.

Kepala SDKUB Eko Nurrahmad saat kegiatan Baitul Arqam

Hal penting lainnya dari kegiatan BA ini, menurut Eko yakni sebagai sarana evaluasi program kerja (proker) sekolah. Momen ini menurutnya dirasa pas bersamaan dengan Tahun Baru Hijriyah yang baru dijalani umat Islam.

Untuk itu, pada hari kedua yakni Selasa, pihaknya melakukan rapat kerja (raker) serta evaluasi proker tahun sebelumnya. “Sebelumnya kami telah membagikan angket evaluasi kegiatan tahun sebelumnya kepada wali murid serta usulan atau masukan proker tahun ini melalui Google form,” jelas Eko.

Hal ini, lanjutnya, merupakan upaya SDKUB untuk melangkah lebih baik lagi di tahun mendatang dengan melibatkan orang tua murid. Upaya ini menurut Eko, penting dilakukan agar kegiatan bisa berjalan efektif dan efisien sehingga bisa mencapai target seperti yang diharapkan.

“Dengan melibatkan orang tua murid dalam hal proker kami berharap bisa saling nyengkuyung. Sehingga kedua belah pihak bisa saling mendukung,” tegas Eko.

Di akhir acara, para peserta BA melakukan rekreasi ke Pantai Glagah. Ini sebagai ajang melepas penat sambil makan bersama sehingga dapat meningkatkan silaturahmi dan kebersamaan. (Dia)

Loading

One thought on “Tingkatkan Kualitas Guru dan Tendik, SD KUB Muhammadiyah Purworejo Gelar Baitul Arqam di Awal Tahun Hijriah

  1. Semangat Pak Eko…
    Selamat untuk ustadz dan ustadzah SDKUB, juga tendiknya semoga SDKUB semakin berkembang maju, jaya mendunia. ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *