Beranda » Isi Liburan Sekolah, 20 Siswa SMPN 9 Purworejo Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Isi Liburan Sekolah, 20 Siswa SMPN 9 Purworejo Ikuti Pelatihan Jurnalistik

BANYUURIP, Untuk mengisi liburan sekolah menjadi kegiatan yang bermanfaat, sebanyak 20 siswa SMPN 9 Purworejo mengikuti pelatihan jurnalistik. Kegiatan yang merupakan kerjasama SMPN 9 dengan media online Purworejo News itu digelar di ruang pertemuan sekolah pada Senin (8/7). Selain siswa, tiga guru di sekolah tersebut juga turut mendampingi selama pelatihan berlangsung.

Kepala sekolah Teguh Bagyanto yang membuka kegiatan menyampaikan, 20 peserta pelatihan merupakan siswa pilihan dari ratusan siswa SMPN 9. “Sebanyak 20 peserta ini dipilih dari ratusan siswa untuk mendapatkan ilmu kejurnalistikan,” ucap Teguh. Disebutkan, media online yang dipilih agar sesuai dengan perkembangan jaman. Yakni dulu hanya ada koran dan tv, sedangkan sekarang lebih luas.

Teguh pun menyatakan, bagi para peserta yang serius mengembangkan ilmunya, kelak akan dapat menjadi jurnalis sebagai sebuah profesi yang menjanjikan. “Kami berharap siswa dapat mengikuti ilmu yang disampaikan, sehingga diharapkan setiap kegiatan di sekolah dapat dibuat berita oleh para siswa bersama guru pendamping,” tandas Teguh.

Pelatihan jurnalistik dengan pemateri dua jurnalis dari media online Purworejo News yakni Yudia Setiandini dan Fajria Rahmatasari. Selama enam jam, peserta mendapatkan materi tentang jurnalistik termasuk teknik wawancara dan fotografi, berupa teori dan praktek dengan komposisi 20:80.

Kepala SMPN 9 Teguh Bagyanto saat membuka kegiatan

Selain praktek membuat berita sederhana terkait kegiatan yang biasanya dilakukan di sekolah, para peserta juga dilatih mengolah berita yang bersumber dari pihak luar seperti dari kepolisian atau sambutan pejabat.

Tak hanya itu, para peserta juga dilatih dan mempraktekkan cara memfoto kegiatan dengan baik dan benar. Mereka juga mempraktekkan cara mewawancarai narasumber sesuai dengan teori yang telah diberikan sebelumnya.

Selain mendapatkan sertifikat, para peserta pelatihan jurnalistik juga diberi kesempatan untuk magang di media online Purworejo News. Hal itu menjadi nilai plus bagi peserta pelatihan yang akan terus mendapatkan bimbingan dari pemateri secara berkelanjutan. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *