Beranda » Lomba Siskamling, Desa Sidorejo Wakili Polres Purworejo di Tingkat Polda Jawa Tengah

Lomba Siskamling, Desa Sidorejo Wakili Polres Purworejo di Tingkat Polda Jawa Tengah

PURWOREJO, Desa Sidorejo Kecamatan Purworejo menjadi Juara 1 Lomba Siskamling yang diadakan oleh Polres Purworejo. Lomba yang diselenggarakan pada bulan April lalu itu diadakan dalam rangka memperingati HUT ke-78 Bhayangkara. Sebagai Juara 1, Desa Sidorejo akan mewakili Polres Purworejo dalam Lomba Siskamling tingkat Polda Jawa Tengah.

Selain Sidorejo, Juara 2 dan 3 diraih oleh Desa Plandi Purwodadi dan Desa Kali Urip Kemiri. Para pemenang akan mendapatkan piala, piagam penghargaan, beberapa peralatan siskamling, dan uang pembinaan. Rencananya akan diberikan saat upacara Peringatan Hari Bhayangkara tanggal 1 Juli mendatang.


Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo menjelaskan, lomba Siskamling dilakukan untuk mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan atau siskamling di wilayah Kabupaten Purworejo. Pasalnya budaya siskamling ini dinilai cukup efektif meningkatkan keamanan lingkungan di kampung-kampung.

“Lomba Siskamling ini juga sebagai upaya menggiatkan kembali pos kamling yang saat ini mulai ditinggalkan masyarakat,” ujar Kapolres pada Jumat (7/6). Lomba Siskamling diikuti seluruh pos kamling yang ada di wilayah hukum Polres Purworejo. Adapun pelaksanaan lomba Siskamling berlangsung sejak tanggal 22 sampai 30 April.

Salah satu materi penilaian lomba siskamling

“Penilaian Siskamling dan aktivitas pos kamling dilakukan petugas kepolisian dari Polres Purworejo dengan tetap mengedepankan aktivitas dan peran serta warga dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan masing-masing,” imbuh Kapolres.


Dijelaskannya, dalam lomba siskamling ini, petugas dari Kepolisian akan menilai langsung ke lokasi pos kamling yang telah terdata. Adapun kriteria pemantauan atau penilaian Satkamling berpedoman pada Perpol Nomor 4 Tahun 2020 (Pam Swakarsa) yang terdiri dari aspek SDM, Sarpras, Opsnal Satkamling, dukungan masyarakat dan Binsatkamling.

Kapolres menandaskan, panitia perlombaan siskamling sangat sulit menentukan siapa yang menjadi juara dalam perlombaan ini karena peserta mempersiapkan dengan baik. Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya dipilih tiga terbaik di tingkat Polres Purworejo. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *