Beranda » PPDB Tahun 2024, SMAN 1 Purworejo Sediakan Kuota 396 Peserta Didik Termasuk Inklusi

PPDB Tahun 2024, SMAN 1 Purworejo Sediakan Kuota 396 Peserta Didik Termasuk Inklusi

PURWOREJO, Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMAN dan SMKN segera dibuka. Petunjuk Teknis (juknis) penyelenggaraan PPDB sudah beredar. SMAN 1 Purworejo pun telah bersiap menerima peserta didik baru melalui berbagai jalur pendaftaran. Yakni zonasi,  afirmasi, prestasi, dan mutasi.

Ketua panitia PPDB SMAN 1 Purworejo Subagyo DS menjelaskan, formasi jalur pendaftaran tahun ini sama dengan sebelumnya. Yakni 55% zonasi, 8% diantaranya zonasi khusus, 20% afirmasi, 20% prestasi, dan 5% mutasi. Begitu pula dengan kuota peserta didik, sama dengan tahun sebelumnya yakni 396 termasuk inklusi.

“Sesuai dengan Kurikulum Merdeka yang diterapkan sejak dua tahun lalu, kali ini pun tidak ada penjurusan di awal kelas 10. Semacam penjurusan nanti baru dilakukan setelah kenaikan ke kelas 11,” jelas Subagyo saat dihubungi Purworejo News pada Rabu (5/6) malam.

Terkait dengan wilayah zonasi, SMAN 1 tercover oleh sembilan dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Purworejo. Adapun sembilan kecamatan wilayah zonasi SMAN 1 yakni Purworejo, Banyuurip, Purwodadi, Loano, Bener, Bayan, Bagelen, Kaligesing, dan Gebang.

Subagyo menyebutkan, saat mendaftar secara daring maupun luring, calon peserta didik harus mencantumkan Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Buku Rapor SMP/sederajat, surat keterangan nilai rapor, serta ijazah/surat keterangan lulus (SKL).

Kepala SMAN 1 saat acara wisuda siswa tahun 2024

Bagi siswa yang punya piagam prestasi dapat pula dicantumkan. Ketentuannya, piagam diterbitkan paling singkat enam bulan dan paling lama tiga tahun. Adapun bagi pendaftar melalui jalur afirmasi harus memiliki KIP atau terdaftar di DTKS. Berlaku pula bagi mereka yang tinggal di panti asuhan dan terdata di Dinas Sosial Jateng.

Meski pendaftaran baru akan dibuka mulai tanggal  24 Juni mendatang, namun Subagyo berpesan agar para calon pendaftar membuat akun. Pembuatan akun akan dimulai tanggal 11 hingg 24 Juni. “Selanjutnya verifikasi berkas dan aktivasi akun sebelum pendaftaran tanggal 24 hingga 27 Juni,” paparnya.

Tahapan berikutnya yakni perubahan pilihan bagi calon peserta didik. Pada tahap ini calon peserta didik bisa mengubah pilihan ke sekolah lain berdasarkan hasil jurnal yang bisa dilihat secara luring maupun daring.

Selanjutnya yakni tahapan pengumuman akan dilakukan pada tanggal 1 Juli. Berikutnya mereka yang dinyatakan diterima melakukan pendaftaran ulang pada tanggal 3 hingga 12 Juli. Kegiatan tahun ajaran  baru akan dilakukan mulai tanggal 22 Juli. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *