Hujan Deras Selama 4 Jam, Terjadi Tanah Longsor di Sejumlah Titik di Kecamatan Bener

BENER, Hujan deras yang turun sejak Jumat (20/5) sore sekitar pukul 16.00 hingga pukul 20.00 mengakibatkan terjadinya bencana banjir, longsor, dan pohon tumbang di sejumlah wilayah di Kecamatan Bener.

Ruas jalan Purworejo-Magelang Km 17, tepatnya di Desa Kalijambe, Kecamatan Bener, dilaporkan tertutup lumpur yang berasal dari longsoran tebing. Akibatnya arus lalu lintas terganggu dan harus dilakukan buka tutup.

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Purworejo, Iman Tjiptadi, yang dihubungi Jumat (20/5) malam menjelaskan, di Desa Bleber Kecamatan Bener, terjadi tanah longsor menimpa rumah warga.

Tanah longsor menimpa mobil di halaman rumah warga

Sementara di Desa Kamijoro, longsor terjadi di jalan masuk ke desa itu. Tebing setinggi sembilan meter longsor sehingga menutup jalan penghubung masuk Desa Kamijoro.

Sedang di Desa Jati, dapuran bambu dan tanah longsor menimpa rumah Suryono. Di Dusun Sijugar, Desa Bleber, tanah dan talud longsor sepanjang 10 meter menimpa halaman rumah Muhlazim.

“Beberapa titik sudah dilakukan penanganan gotong royong warga dan masih ada beberapa yang membutuhkan bantuan,” jelas Iman Tjiptadi.

Hujan deras berdurasi empat jam juga berakibat ketinggian air Bogowonto di Bendung Boro pada level kuning. Bahkan di Desa Keduren, Kecamatan Purwodadi, air Sungai Bogowonto sudah meluap hingga ke pekarangan warga. (Nas)

Tinggalkan Komentar