Gerhana Bulan Total Sore Nanti, Muhammadiyah dan NU Himbau Warga Lakukan Shalat di Masjid

PURWOREJO, Fenomena gerhana bulan total akan kembali terjadi mulai sore hari ini, Selasa (8/11). Gerhana bulan total kali ini bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Purworejo. Untuk menyambut datangnya gerhana bulan, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) maupun Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kabupaten Purworejo menyampaikan beberapa hal.

Kepada Purworejo News yang menghubunginya Selasa (8/11), Ketua PDM H Pujiono menyampaikan, pihaknya menghimbau warga Muhammadiyah untuk melaksanakan shalat gerhana berjamaah di masjid.

“Untuk wilayah Purworejo dan sekitarnya dipusatkan di Masjid UMP Jalan Ahmad Dahlan, sedangkan wilayah Kutoarjo dan sekitarnya di Masjid Darussalam yang berlokasi di depan Kantor Kecamatan Kutoarjo,” jelas Pujiono.

Ilustrasi pelaksanaan shalat gerhana bulan total

Adapun waktunya mulai dilaksanakan pada pukul 18.00 atau selepas sholat Maghrib. Adapun waktunya bersamaan dengan puncak gerhana bulan total. Selain di kedua masjid tersebut Pujiono juga menghimbau agar warga melaksanakan shalat gerhana di masjid-masjid setempat.

Warga NU pun, menurut Ketua Lembaga Falaqiah H Uan Abdul Hanan juga melakukan hal yang sama. Hanya saja pihaknya menghimbau agar melaksanakan sholat gerhana di setiap masjid yang ada.

Seperti layaknya sholat sunah, pelaksanaan sholat gerhana juga disertai khotbah yang akan disampaikan oleh khotib.

Baik NU maupun Muhammadiyah berpendapat bahwa gerhana merupakan sunatullah yang telah ditakdirkan oleh Allah Sang Pencipta. Untuk mengingat serta mengagungkan asma Allah yang telah menciptakan matahari dan bulan, maka umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan sholat gerhana, termasuk pada hari ini. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *