Gali Bibit Atlet Prestasi Panahan Sejak Dini, Gandewalana Gelar Lomba

BAYAN, Olah raga panahan saat ini menjadi cabor yang banyak diminati tidak hanya orang dewasa, tapi juga anak-anak, bahkan sejak usia TK. Di Purworejo tercatat ada 10 klub panahan yang menaungi ratusan atlet muda. Salah satunya yakni Gandewalana (Krandegan Desa Wahana Dolanan Panah).

Selama dua hari berturut -turut yakni Sabtu dan Minggu (13-14/8), di Lapangan Desa Krandegan digelar Gandewalana Archery Tournament. Tercatat sebanyak 90 peserta dari berbagai kelompok umur mengikuti lomba yang bertujuan mencari bibit atlet berprestasi tersebut.

Dituturkan oleh ketua panitia Wahyudin yang didampingi korlap Handika, dari 90 peserta, 31 peserta diantaranya ikut di hari Sabtu. Yakni untuk kategori TK serta SD Kelas 1 hingga 4. “Ke-31 peserta tersebut yakni 14 putri dan 17 putra, ” kata Handika, Sabtu (13/8) sore.

Handika, lomba untuk panahan prestasi

Meski berada di desa, lanjut Handika, tapi lapangan yang digunakan telah memenuhi standar nasional, termasuk kelengkapan dari para atlet yang bertanding. Untuk jarak memanah, kategori TK hingga kelas 2 SD sejauh 5 meter, kategori SD kelas 3 dan 4 sejauh 10 meter.

Adapun untuk kelas 5 dan 6 SD jaraknya 20 meter. Sedangkan untuk SMP, SMA, serta barebow pelajar dan mahasiswa jaraknya 30 meter. Para juara selain mendapatkan medali juga piala Kades Krandegan.

Selain dari Gandewalana, para atlet berasal dari berbagai klub panahan. Antara lain dari SD Salsabila, SD Muhammadiyah KUB, PanahMu, dan Star. “Ini merupakan event ketiga yang diadakan Gandewalana,” kata Wahyudin.

Penyerahan piala kepada para juara

Ditegaskan oleh korlap Handika, pertandingan ini merupakan ajang pembinaan calon atlet terutama untuk event-event “plat merah” yang berjenjang yakni Popda. “Panahan yang seperti ini adalah intuk prestasi, bukan fun archery,” katanya.

Setiap peserta lomba mengikuti dua sesi masing-masing berisi enam rambahan dengan enam anak panah setiap rambahannya. Jadi total ada 72 anak panah yang dilesatkan oleh masing-masing peserta.

Hari pertama yang dimulai pukul 13.30,  para peserta kategori TK, SD kelas 1 hingga 4 selesai mengikuti lomba. Usai lomba mereka langsung mendapatkan hadiah lomba sesuai kategori. (Dia)

Berikut hasil lomba:

Hasil lomba

Tinggalkan Komentar