Fatimah Verena: PKK Jadi Solusi untuk Wujudkan Keluarga Sejahtera

BAYAN, Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian, SE mengaku bangga dengan TP PKK desa kelurahan dalam melaksanakan kegatan PKK yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Maka tidak heran jika PKK mampu menjadi solusi dalam mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera.

Penegasan Fatimah Agus Bastian itu disampalkan pada pembukaan kegiatan lomba Hatinya PKK dan Rumah Sehat tingkat kabupaten, di Balai Desa Tangkisan, Kecamatan Bayan, Rabu (13/10). Turut hadir Rahyuni Ruswardjito, Sri Bandu Sunardi, dan sejumlah pengurus. 

Selain di balai desa, Fatimah yang didampingi Camat Bayan, Muharjono, SE, Kades Tangkisan Bambang Pariyadi, Ketua PKK kecamatan Titi Sulistyorini, dan PKK desa Erwati Aji,  juga melakukan kunjungan di beberapa rumah sehat.

Lebih lanjut Fatimah mengatakan, penataan Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK dan Rumah Sehat, dapat diterapkan di semua rumah. Tentunya masing-masing PKK desa kelurahan memiliki inovasi yang berbeda.

Fatimah Verena dan tim meninjau kegiatan PKK Desa Tangkisan

Sedangkan untuk Rumah Sehat harus memiliki sirkulasi udara, memperoleh cahaya, tidak lembab, rumah jauh dari kandang minimal 10 meter jaraknya dari kandang. 

“Saya berharap pemanfatan halaman, dapat meningkatkan gizi keluarga dan menambah pendapatan ekonomi keluarga. Rumah sehat untuk menunjang kesehatan keluarga dan lingkungannya,” harap Fatimah.

Sementara itu Camat Bayan Muharjono menyambut positif lomba yang dipandegani PKK kabupaten. Ini sebagai pemacu semangat untuk berkreasi dalam memanfaatkan halaman dan menata rumah menjadi sehat untuk keluarga. 

Sedang Titi Sulistyorini mengatakan, PKK kecamatan aktif melakukan pembinaan di desa dan kelurahan terutama dalam mengimplementasikan program-program PKK. Termasuk hatinya PKK dan rumah sehat yang masuk dalam pokja 3 PKK, juga menjadi prioritas untuk diterapkan di masing-masing anggota PKK.

Di sisi lain Erwati Aji menjelaskan, kegiatan PKK desa turut mendukung pembangunan desa antara lain peningkatan SDM dengan melakukan berbagai pelatihan ketrampilan untuk meningkatkan perekonomian. Seperti palatihan membatik, membuat aneka makanan ringan, serta aktif dalam kelompok wanita tani, Posyandu. (Nas)

 304 kali dilihat,  8 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *