Fatah Kusumo Dilantik Jadi Kades Kebongunung Antarwaktu

LOANO, Fatah Kusumo Handogo, SE (41) resmi dilantik menjadi Kepala Desa Kebongunung, Kecamatan Loano, Selasa (26/1). Pelantikan kades hasil pilkades antar waktu itu dilakukan oleh Camat Loano Laksana Sakti, AP MSi, di balai pertemuan kantor desa setempat. Fatah menggantikan almarhum Heri Wibowo yang meninggal dunia di tengah masa jabatan.

Asisten Bidang Administrasi dan Kesra Drs Pram Prasetya Achmad MM yang hadir mewakili Bupati menyampaikan, dalam hal kepala desa berhenti dan sisa masa jabatannya lebih dari satu tahun, dipilih kepala desa antar waktu melalui musyawarah desa.

“Hal itu sesuai dengan Pasal 54 ayat (1) Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa,” ucapnya. Dengan dasar itulah, Desa Kebongunung melaksanakan pilkades antar waktu.

Terkait pengelolaan keuangan desa, Pram berpesan agar kades berhati-hati.

Fatah bersama para pejabat kabupaten

“Jangan sungkan berkonsultasi dengan lembaga di desa, kecamatan maupun kabupaten. Terlebih saat ini anggaran yang masuk ke desa sangat besar nominalnya. Perlu diperhatikan betul dalam pengelolaan keuangan desanya, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan dan pertanggungjawabannya,” ucapnya.

Pram meminta kades agar bisa mendukung program pembangunan daerah untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa. Hal itu akan berkontribusi bagi kemajuan Purworejo. Dirinya berharap kades dapat menjadi teladan bagi warganya, sehingga program yang dicanangkan akan didukung oleh semua lapisan masyarakat.

Mengenai pandemi Covid-19 yang penyebarannya sampai saat ini masih terus meningkat, Pram meminta kades yang baru untuk lebih gencar mensosialisasikan protokol kesehatan kepada warga Desa Kebongunung.

Selain Asisten Bidang Administrasi dan Kesra, acara yang berlangsung sesuai prokes itu juga dihadiri Kepala Dinpermasdes Agus Ari Setiyadi, S.Sos, Kepala Dinas PUPR Suranto, S.Sos, MPA, dan Kasat Pol PP Budi Wibowo, S.Sos, M.Si. (Dia)

 503 kali dilihat,  6 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *