Eri Ponco Prasetyo, Guru SMK Sekaligus Penyanyi, MC, dan Pemilik WO

PURWOREJO, Eri Ponco Prasetyo, S.Pd.T, M.Pd. Sosoknya selalu tampil ceria dan humoris. Sehari-hari, Eric, begitu pria kelahiran Purworejo 15 Maret 1985 itu dipanggil, adalah seorang guru dan menjabat sebagai Waka Kesiswaan di SMK YPT Purworejo.

Tapi Eric juga mengelola sebuah wedding organizer (WO) bernama Eric Griya Pengantin (EGP). “Usaha ini saya rintis tahun 2006 bersamaan dengan waktu saya pertama kali jadi guru,” kata Eric saat membuka pembicaraan dengan Purworejo News, Rabu (6/9).

Eric pun bercerita tentang perjalanan hidupnya. “Ketertarikan di dunia hiburan mungkin karena sejak kecil saya hobi menyanyi. Sampai akhirnya waktu kuliah saya menjadi wakil Duta Dangdut Putra tingkat nasional di Makasar dalam ajang Peksiminas mewakili DIY,” kenangnya.

Bakat serta hobi menyanyi itupun diteruskannya sambil kuliah. Lulusan D3 Teknik Mesin UNY 2006 itu mengaku sering diminta untuk menyanyi di berbagai acara. Bukan hanya di Purworejo, tapi juga di Yogya, Magelang, Kebumen, dan beberapa kota lainnya.

Eric bersama customer

“Karier'”-nya dirintis tahun 2003-an saat menjadi penyanyi untuk mengisi acara di beberapa resto dan kafe di Yogya. “Sembari kuliah, malam harinya bekerja menjadi penyanyi,” tuturnya.

“Senang aja si, bisa dapat uang dari menyanyi. Tapi pernah juga gak dibayar setelah acara selesai. Katanya mau ditransfer tapi tidak ditranfer,” ucap Eric yang mengidolakan Broery Pesolima itu.

Tapi Eric tidak kapok. Rejekinya diganti dengan adanya tips bayaran yang lebih saat mengisi beberapa event di Yogya.

Sambil mengajar dan berbisnis, Eric berhasil menyelesaikan pendidikannya. Tahun 2008 ia berhasil lulus S1 Pendidikan Teknik Mesin UNY. Berikutnya tahun 2019 dirinya menyelesaikan studi S2 di UST Yogyakarta.

Eric, menyanyi sebagai pekerjaan sampingan

Bagi Eric, mengelola WO membawa keasyikan tersendiri. Apalagi dirinya bisa menyalurkan hobi menyanyi pada beberapa event yang dihandelnya.

Melalui WO EGP yang beralamat di Desa Jatiwangsan, Kecamatan Kemiri, Eric menangani berbagai keperluan acara pernikahan, seperti dekorasi, rias pengantin, foto dan video shooting, sound system, hiburan, persewaan alat prasmanan, hingga katering.

Selain sebagai owner, Eric juga terbiasa menghandel acara dari menyanyi hingga MC. Bagi anak kelima dari tujuh bersaudara itu, menjadi owner WO merupakan usaha sampingan yang tidak menyampingkan pekerjaan utama, yakni menjadi guru SMK.

Bapak satu orang putri itu mengaku cukup terimbas di masa pandemi. Meski begitu Eric bersyukur, dari puluhan WO yang ada di Purworejo dirinya masih bisa bertahan hingga saat ini.

Mengorganisir acara pernikahan melalui WO EGP

“Alhamdulillah saya bisa berbagi sedikit rejeki untuk beberapa karyawan kepercayaan sampai saat ini,” ucapnya penuh syukur. Segmennya, kata Eric, untuk wilayah Purworejo yakni menengah ke bawah. “Tapi kalau ada event besar, saya kerjasama dengan vendor lain”.

Di saat sepi job seperti bulan Syuro, Eric mengaku santai, malah dirinya bisa meluangkan waktu untuk istirahat dan keluarga. Saat banyak job atau tidak, dirinya tetap beryukur.

“Namanya juga pekerjaan sampingan,” kata Eric sambil tersenyum lebar.

Baginya, dalam hidup harus selalu berusaha untuk menggapai impian. “Saya berharap bisa memajukan usaha kecil yang sudah saya rintis hingga sekarang ini, yakni selama 15 tahun,” harap Eric. (Dia)

 650 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *